Rangkuman | Materi Pembelajaran Sekolah | Tutorial | dan lainnya

Saturday, 19 October 2013

Karakter Manusia dalam Berlingkungan



 
Ada dua karakter, karakter yang menyatu dengan lingkungan dan karakter yang tak menyatu dan tak peduli dengan lingkungan.
-          Karakter yang menyatu dengan lingkungan
Mereka selalu berkata dan menyuarakan kepada mereka yang tak peduli terhadap lingkungan, “Kita ini adalah bagian dari lingkungan, kita ini adalah keluarga alam. Jadi setidaknya kita harus menjaga dan mencintai lingkungan kita, sebagai bentuk pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Pencipta”. Mereka yang berkarakter ini selalu menjaga dan mencintai lingkungan, mereka memulai langkah-langkah kecil untuk menyelamatkan lingkungan dari kehancuran. Walaupun hanya membuang secarik plastic bekas permen pada tempatnya, walaupun hanya melakukan penanaman pohon-pohon kecil yang tak tentu akan hidup atau tidakkah, namun mereka selalu optimis dengan apa yang dilakukan mereka, walau hanya sekedar hal kecil, tapi mereka sadar, suatu hari segala apa yang mereka lakukan akan berproses dan menjadi sesuatu yang berguna bagi kelangsungan hidup orang banyak.

-          Karakter yang acuh dengan lingkungan
Mereka selalu berkata, “Ah ngapain juga cape-cape bertaman pohon yang belum tentu hidup sampai beberapa hari, bulan, atau beberapa tahun mendatang? Ngapain pusing-pusing buang sampah ketempat sampah sedangkan tanah masih sanggup menadah sampah yang hanya secuil?” mereka ini adalah orang-orang yang berfikir sempit,  mereka terlalu pesimis terhadap manfaat mencintai lingkungan dimasa kini. Mereka menganggap menjaga lingkungan tidak akan bermanfaat banyak bagi mereka. Mereka berfikir bahwa lingkungan yang mereka tinggali walau tidak dijagapun tak mengapa, mereka berfikir kalaupun kerusakan besar terjadi paling saja mereka sudah tidak di dunia lagi. Mereka tak pernah berfikit tentang murka alam! Mereka tak pernah berfikir tentang bagaimana dengan kehidupan generasi mendatang, anak, cucu, cicit mereka.

Cerdaslah berfikir, dan tentukan berada di karaktermanakah saya?

“Cintai alam, Ciptakan alam indah”

Ini adalah naskah saya untuk lomba ini http://lomenulis.com/post/62784084100/lomba-menulis-dalam-bentuk-apa-pun-dl-31-okt-2013 ikutan yuk :)

Kasih Kado Unik Yuk!!

Kasih Kado Unik Yuk!!

Join Ya :)

Total Pageviews

@melia_ni. Powered by Blogger.