Skip to main content

Pengelolaan Hasil Alam Indonesia




Kita ini adalah sederet generasi yang harus siap menghadapi palang hadang dalam tiap rintangan zaman. Kita ini adalah pilar dalam pergerakan bangsa dan pijar cahaya bagi kemajuan bangsa. Kita ini pemuda Indonesia yang hidup di negeri Ibu Pertiwi. Negeri dalam dongeng yang kaya akan harta dan budaya. Negara kita ini adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki banyak kekayaan alam, baik di dalam laut, maupun di dalam bumi. Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan cara mengelola hasil alam Indonesia secara optimal dan memanfaatkannya dengan bijaksana.
Banyaknya sumber daya alam di negeri ini seharusnya membuat Negara kita menjadi Negara terkaya dalam segala hal. Sumber daya alam Jepang dan Amerika bahkan tidak ada tandingannya dengan Indonesia. Hanya saja mereka menjadi Negara maju atau Negara kaya karena tertampungnya sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas, kreatif, dan inovatif yang mampu memanfaatkan segala potensi alamnya seoptimal mungkin.
Tidak dibayangkan seberapa kayanya Indonesia apabila memiliki generasi-generasi unggul layaknya manusia Jepang dan Amerika, yang mampu mengelola hasil alamnya secara optimal. Kita tidak perlu membeli bahan mentah dari Negara lain untuk menciptakan suatu produk baru, karena alam kita mengandung beragam bahan mentah yang bahkan sering dibeli oleh Negara lain.
Pemerintahpun seharusnya lebih aktif melakukan kegiatan tentang pengelolaan optimal potensi alam dan manusia Indonesia, memberikan wadah kepada para generasi yang hendak memajukan produksi dalam negeri dengan hasil alamnya sendiri. Agar kita tak menjadi Negara yang terbodohi dan termimiskini oleh Negara lain. Karena sesungguhnya Negara kita adalah Negara kaya.  Dan hanya satu cara untuk menyingkirkan julukan Negara berkembang atau dalam bahasa kasarnya Negara miskin adalah mengelola potensi alam oleh generasi unggul dan cerdas.

“Negara ini adalah Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan potensi alam yang amat kaya. Untuk mensyukuri anugerah Tuhan tersebut, kita harus mengelola hasil alam kita seoptimal mungkin dan sebijak mungkin.”
 
Tanjungpandan, 18 Oktober 2013




Ini adalah naskah saya untuk lomba ini http://lomenulis.com/post/62784084100/lomba-menulis-dalam-bentuk-apa-pun-dl-31-okt-2013 ikutan yuk :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

Tanya Jawab Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Hi... Udah cukup lama gak ngepos :) Ngepos lagi ini untuk berbagi ilmu, semoga bermanfaat :) 1.        Mengapa Jepag menerapkan kebijakan “Ekonomi Perang”? Jawab : Sebelum memasuki PD II, Jepang sudah berkembang menjadi negara industry sekaligus menjadi kelompok negara imperialis di Asia maka dari itu semua kekuatan ekonomi di Indonesia digali untuk menopang kegiatan perang. Jepang melakukan berbagai upaya untuk memperluas wilayahnya. 2.        Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan! Jawab : Seikeirei merupakan pemberian penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan dalam-dalam ke arah bendera Jepang yang berlambang matahari terbit (bagi bangsa Jepang, kaisar mereka adalah putera Dewa Matahari) 3.        Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga romusa oleh pemerintah pendudukan Jepang? Pendapat saya : Kerja romusa memperlakukan rakyat secara tidak manusiawi, manusia Indonesia menadi semakin sulit. Gairah k