Skip to main content

Kata Pengacuan yang terdapat dalam teks “Nelson Mandela : Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”



Halo^^

Assalamu’alaikum 

Rasanya lama gak ngepost ^^
Kali ini saya ngepost hasil tugas Bahasa Indonesia tentang “Nelson Mandela:  Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid” Halaman 125 Buku Pegangan Siswa Kurikulum 2013 J
Semoga membantu teman  :)



No
Pengacuan
Hal yang Diacu
Pengacuan dalam Kalimat
1.
Keterlibatan inilah
Melibatkan diri dalam aksi protes mahasiswa yang menentang tatanan politik yang menempatkan orang kulit putih lebih tinggi dari orang kulit hitam.
Keterlibatan inilah yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuh dalam memperjuangkan persamaan hak bagi masyarakat kulit hitam di Afrika Selatan
2.
Mandela meneguhkan hatinya untuk melawan semua itu
Dia menyaksikan bagaimana politik apartheid (politik deskriminasi warna kulit) sangat tidak manusiawi. Hanya karena berkulit hitam orang bisa kehilangan status sebagai manusia.
Mandela meneguhkan hatinya untuk melawan semua itu. dia rela meninggalkan kehidupan desa yang damai, bahkan kariernya sebagai pengacara untuk memasuki masa depan yang penuh pengorbanan dan penderitaan.
3.
Dalam situasi semacam itu
Harapan Mandela untuk berhasil sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah colonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer, akses pendidikan dan sebagian besar kekayaan di tangan minoritas kulit putih. Kondisi yang mendukung keberhasilan revolusi hampir tidak ada sama sekali. Rakyat banyak telah dijinakkan dalam kepatuhan, eilayah geografis yang luas merintangi komunitas dan mobilitas, sementara perang bukan suatu pilihan yang realistis bahkan bisa menghebohkan.
Dalam situasi semacam itu, Mandela memilih jalan tanpa kekerasan sebagai strategi. Dia bergabung dengan Liga Kaum Muda, Organisasi Pemuda Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1944. Dia mengambil bagian dalam program perlawanan pasif untuk menentang aturan agar kulit hitam membawa  pas jalan dan membuat mereka tetap dalam posisi budak terus menerus.
4.
Mandela terbukti mampu mengatasi persoalan ini
Sebagai presiden, pelbagai hal berat harus dihadapinya. Hal yang paling berat dihadapinya adalah menghilangkan rasa takut terhadap kaum minoritas kulit putih.
Namun, Mandela terbukti mampu mengatasi persoalan ini karena integritas moral dan focus perjuangannya untuk mengatukan satu nergara dengan dua warna kulit yang berbeda itu. Mandela membuktikan intergritas kepemimpinannya dengan menolak untuk terpilih kembali pada pemili 1999.
5.
Di gedung inilah
Patung perunggu setinggi Sembilan meter dengan berat 4,5 ton ini diresmikan di pekarangan gedung pemerintahan Union untuk menghormati pahlawan antiapartheid tersebut.
Di gedung inilah kepala negara di zaman apartheid menandatangani banyak undang-undang rasial yang di tentang Mandela.





 

Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar 100% dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)


Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)
 

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad