Thursday, 4 December 2014

Pengantar Ekonomi Bisnis - PASAR PERSAINGAN SEMPURNA, MONOPOLI, OLIGOPOLI, DAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Assalamu'alaikum,
hai... post pertama di akhir tahun, tentang PASAR PERSAINGAN SEMPURNA, MONOPOLI, OLIGOPOLI, DAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
- Pengertian, - Ciri-ciri, -Cara penentuan harga, - Kelebihan, dan -Kekurangan

Semoga membantu kawan :)

SOAL/PASAR
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
PASAR MONOPOLI
PASAR OLIGOPOLI
PASAR MONOPOLISTIK
Pengertian
Pasar yang jumlah penjual dan pembelinya banyak dimana tidak ada pelaku ekonomi yang mempunyai kekuatan pasar terhadap harga suatu produk yang homogen.
Pasar yang terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Contohnya : PLN, Pertamina, PDAM, dan PT KAI
Bahasa : oligo (beberapa) dan poli (penjual). Dimana penawaran jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan biasanya lebih dari 2 kurang dari 10.
Pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa namun bervariasi dengan penjual tidak terbatas namun produk yang dihasilkan tetap memiliki karakter tersendiri.
Ciri-Ciri
-      Jumlah penjual dan pembeli banyak
-      Barang yang diperjualbelikan homogen
-      Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar secara sempurna
-      Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
-      Faktor produksi bebas bergerak
-      Tidak ada campurtangan pemerintah
-        Hanya terdapat satu penjual
-        Tidak ada barang pengganti
-        Adanya hambatan bagi perusahaan lain
-        Pelau pasar monopoli dapat menentukan harga sendiri
-        Sifat monopolinya tidak memerlukan promosi
-     Terdapat banyak penjual yang menguasai pasar
-     Terdapat halangan masuk yang kuat bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk ke pasar
-     Barang yang dijual dapat berupa barang homogeny/berbeda corak
-     Penjual yang bermodal besar
-     Adanya saling ketergantungan produsen, keuntungan yang didapatkan bergantung dari pesaing perusahaan tersebut
-     Terdapat banyak pembeli, menyediakan produk kebutuhan sehari-hari.
-      Penjual dari suatu produk banyak, jenis produk beragam. Penentuan pembelian oleh konsumen tergantung penjual produk
-      Adanya produk subsitusi dengan kepuasan yang sama
-      Keluar masuk industry mudah
-      Harga produk tidak sama di semua pasar sesuai dengan kesenangan penjual
-      Pengusaha dan konsumen produk tertentu sama-sama bersaing secara tidak sempurna karena produk bervariasi.
Proses Pembentukan Harga
Mekanisme pasar atau suatu kekuatan tarik menarik antara permintaan dan penawaran di pasar.
Harga ditentukan oleh monopolis sesuai dengan keinginannya. Semakin sedikit barang yang diproduksi semakin mahal, semakin banyak produksinya maka semakin murah,
Beberapa produsen dalam pasar oligopoly secara diam-diam untuk dapat menguasai harga.
Perusahaan dapat memperngaruhi harga seperti pada pasar monopoli.
Kelebihan
-        Harga barang dan jasa termurah
-        Umlah output paling banyak sehingga rasio output cenderung maksimal
-        Masyarakat nyaman dalam mengonsumsi barang/jasa tanpa takut tertipu dalam kualitas dan harga
-     Keuntungan tinggi
-     Produk yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai negara
-     Adanya penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan jenis dan mutu produk karena laba yang tinggi
-     Meningkatkan daya saing perusahaan bila monopoli diperoleh karena kemampuan efesiensi
-     Dapat lebih mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan pemerintah
-     Meningkatkan inovasi
-    Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
-    Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produ
-    Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
-    Adanya penerapan teknologi baru
-      Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi pembeli untuk dapat memilih produk yang baik
-      Kebebasan keluar masuk bagi produsen mendorong produsen melakukan inovasi dalam menghasilkan produk
-      Deferensiasi produk mendorong konsumen kolektif
-      Mudah ditemukan konsumen
-      Menawaran kebutuhan sehari-hari
Kekurangan
-      Hal konsumsi
-      Efesiensi keadilan
-      Pengembangan teknologi
-     Jumlah produksi yang dijual bergantung keinginan monopolis
-     Bisa timbul inflasi terhadap pemilik faktor produksi
-     Konsumen tidak bisa pintah ke perusahaan lain, walau merasa dirugikan
-     Perusahaan lain susah memasuki pasar monopoli sehingga monopolis terus menguasai penjualan
-     Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
-     Harga yang stabil dan terlalu tinggi mendorong lambatnya inflasi
-     Bisa timbul pemborosan biaya apabila ada kerjasama anraroligopolis karena semangat bersaing urang
-     Bisa timpul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
-     Sulit dimasuki perusahaan baru
-      Persaingan sangat ketat
-      Biaya yang mahal
-      Modal yang besar
-      Mendorong produsen untuk berinovasi sehingga mendorong biaya produksi yang berimbas pada harga produk.






0 komentar

Post a Comment