Friday, 10 April 2015

Tanya Jawab Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Hi...
Udah cukup lama gak ngepos :)
Ngepos lagi ini untuk berbagi ilmu, semoga bermanfaat :)



1.       Mengapa Jepag menerapkan kebijakan “Ekonomi Perang”?
Jawab :
Sebelum memasuki PD II, Jepang sudah berkembang menjadi negara industry sekaligus menjadi kelompok negara imperialis di Asia maka dari itu semua kekuatan ekonomi di Indonesia digali untuk menopang kegiatan perang. Jepang melakukan berbagai upaya untuk memperluas wilayahnya.

2.       Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan!
Jawab :
Seikeirei merupakan pemberian penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan dalam-dalam ke arah bendera Jepang yang berlambang matahari terbit (bagi bangsa Jepang, kaisar mereka adalah putera Dewa Matahari)

3.       Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga romusa oleh pemerintah pendudukan Jepang?
Pendapat saya :
Kerja romusa memperlakukan rakyat secara tidak manusiawi, manusia Indonesia menadi semakin sulit. Gairah kerja menurun, kekurangan pangan, penyakit mewabah melanda hampir di setiap desa di pulau Jawa. Kondisi ini terpaksa membuat rakyat makan makanan yang tidak biasa seperti keladi gatal, bekicot, dan umbi-umbian hutan. Ini jelas memberikan penderitaan kepada rakyat Indonesia di tanahnya sendiri.

4.       Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman Pemerintahan Kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia!
Jawab :
Pada masa pendudukan jepang pendidikan lebih buruk dibandingkan dengan masa pemerintahan Belanda. Jumlah sekolah menurun drastis, beberapa kegiatan pendidikan di perguruan tinggi sempat terhenti beberapa tahun.

5.       Jelaskan tentang ampak dari kebijakan Jepang yang sewenang-wenang! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari belajar tentang dmapak kebijakan itu dalam kehidupan kemasyarakatan?
Jawab :
Rakyat semakin tersiksa, banyak gadis dan perempuan Indonesia ditiup oleh Jepang dengan dalih untuk dijadikan perawat  namun kenyataannya dipaksa melayani kompetai. Mereka disekap dalam kamp-kamp sebagai wanita penghibur, belum lagi kerja romusa yang menjadikan rakyat Indonesia kelaparan, kekurangan gizi, serta banyak korban jiwa yang jatuh dari perlakuan Jepang ini. kebijakan ini menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan sosial masyarakat terutama peneritaan dan kesengsaraan bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)


Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni

0 komentar

Post a Comment