Skip to main content

Tanya Jawab Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013

Hi...
Udah cukup lama gak ngepos :)
Ngepos lagi ini untuk berbagi ilmu, semoga bermanfaat :)



1.       Mengapa Jepag menerapkan kebijakan “Ekonomi Perang”?
Jawab :
Sebelum memasuki PD II, Jepang sudah berkembang menjadi negara industry sekaligus menjadi kelompok negara imperialis di Asia maka dari itu semua kekuatan ekonomi di Indonesia digali untuk menopang kegiatan perang. Jepang melakukan berbagai upaya untuk memperluas wilayahnya.

2.       Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan!
Jawab :
Seikeirei merupakan pemberian penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan dalam-dalam ke arah bendera Jepang yang berlambang matahari terbit (bagi bangsa Jepang, kaisar mereka adalah putera Dewa Matahari)

3.       Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga romusa oleh pemerintah pendudukan Jepang?
Pendapat saya :
Kerja romusa memperlakukan rakyat secara tidak manusiawi, manusia Indonesia menadi semakin sulit. Gairah kerja menurun, kekurangan pangan, penyakit mewabah melanda hampir di setiap desa di pulau Jawa. Kondisi ini terpaksa membuat rakyat makan makanan yang tidak biasa seperti keladi gatal, bekicot, dan umbi-umbian hutan. Ini jelas memberikan penderitaan kepada rakyat Indonesia di tanahnya sendiri.

4.       Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman Pemerintahan Kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia!
Jawab :
Pada masa pendudukan jepang pendidikan lebih buruk dibandingkan dengan masa pemerintahan Belanda. Jumlah sekolah menurun drastis, beberapa kegiatan pendidikan di perguruan tinggi sempat terhenti beberapa tahun.

5.       Jelaskan tentang ampak dari kebijakan Jepang yang sewenang-wenang! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari belajar tentang dmapak kebijakan itu dalam kehidupan kemasyarakatan?
Jawab :
Rakyat semakin tersiksa, banyak gadis dan perempuan Indonesia ditiup oleh Jepang dengan dalih untuk dijadikan perawat  namun kenyataannya dipaksa melayani kompetai. Mereka disekap dalam kamp-kamp sebagai wanita penghibur, belum lagi kerja romusa yang menjadikan rakyat Indonesia kelaparan, kekurangan gizi, serta banyak korban jiwa yang jatuh dari perlakuan Jepang ini. kebijakan ini menimbulkan banyak dampak dalam kehidupan sosial masyarakat terutama peneritaan dan kesengsaraan bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)


Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni

Comments

  1. terima kasih nasehat nya kak:)

    ReplyDelete
  2. Thank you ka bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar