Saturday, 22 February 2014

Generasi Muda Bijak Berteknologi dan Berbudaya



          “Generasi muda adalah pilar pergerakan bangsa.” 

          Jadi tidak berlebihan apabila kita katakan bahwa kemajuan suatu negara bergantung kepada kualitas generasi mudanya. Generasi muda Indonesia, disadari atau tidaknya kini sedang terkepung oleh dua hal, yaitu teknologi/modernisasi dan kelestarian budaya.
          Setiap detiknya dunia diperbaharui, terus menerus mengalami kemajuan disetiap bidang kehidupan dan setiap bidang tersebut tak lagi bisa terpisahkan dari kemajuan teknologi yang memang sudah lama sampai di Indonesia, bahkan sudah mulai merambah ke desa-desa dan daerah terpencil negeri ini.
          Dengan adanya kemajuan teknologi ini, tantangan generasi muda Indonesia bagi kelangsungan masa depan sudah semakin kompleks. Kemajuan teknologi pun tentu membawa berbagai dampak, baik positif maupun negatifnya, yang apabila kita tidak bisa bijak memanfaatkannya, maka terjerumuslah kita.
          Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi memang sungguh sangat berguna bagi kehidupan kita, segala urusan semakin cepat, apalagi ditambah dengan jaringan internet, segala apa yang jauh menjadi dekat, dan apa yang tidak diketahui akan begitu mudah didapat. Sebagai generasi muda Indonesia, apalagi kita adalah para pelajar, kita dituntut bijak menggunakan teknologi. Bijak berteknologi bagi kita, tak perlu lah dengan hal-hal yang sulit dan mendalam, cukup dengan hal-hal sederhana saja sudah sangat bermanfaat bagi kita, teknologi bisa dimanfaatkan dengan bijak seperti:
-       -   Mencari materi pelajaran yang tidak tercantum dibuku pegangan;
 
Teknologi Pendidikan
-      -    Mencari informasi dengan sangat cepat;
-     -     Berbagi ilmu dan pengetahuan, dengan adanya teknologi, kita bisa saling berbagi ilmu, seperti kegiatan blogging, bergabung dengan grup-grup atau fanspage di facebook, twitter,maupun sosial media lainnya yang bergerak di bidang ilmu dan pengetahuan;
-     -     Mencari banyak teman, dengan adanya teknologi kita bisa mempunyai banyak teman, tapi disini kita dituntut untuk bijak mencari teman di dunia maya, teman yang bisa memotivasi dan memberi support kepada kita adalah yang utama.
-     -     Dan masih banyak manfaat baik lainnya.

          Kegiatan-kegiatan diatas, walaupun sebenarnya begitu sederhana, namun apabila kita telaah lebih dalam lagi, sungguh, hal-hal sederhana ini bisa menjawab tantangan masa depan kita nanti.

          Kemajuan teknologi tidak hanya berdampak bagi dunia pendidikan saja, tapi juga berdampak bagi kehidupan sosial  budaya. Kita sebagai muda-mudi Indonesia, sekarang ini lebih memfokuskan diri dengan perkembangan dan kemajuan dunia, ternyata kemajuan teknologi juga bisa mengubah pola pikir dan pola perilaku kita dengan sangat cepat. Kita sudah semakin lupa dengan budaya negara kita yang begitu kaya ini. Padahal ini semua tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk menjaga dan melestarikannya.
          Dengan perkembangan dunia ini, budaya-budaya luhur kita sudah semakin terkikis oleh budaya luar yang merasuk dan terkiblati dengan salah. Kita mestinya sadar, bahwa negara kita dikenal oleh negara luar dikarenakan kekayaan budayanya. Terkadang kita kagum sekali dengan budaya luar, orang luar pun selalu kagum dengan budaya kita, bisa dibilang saling mengagumi, lalu kalau kita tidak bisa lagi menjaga dan melestarikan kebudayaan kita, siapa lagi yang akan mengagumi kita? Apalagi yang akan dikagumi mereka? Budaya korupsikah?
Ragam Budaya Indonesia
          Nah, tapi ternyata teknologi pulalah yang bisa menyelamatkan kita, sekarang kita bisa belajar tentang kebudayaan Indonesia dengan mudah, kita bisa memperlihatkan budaya kita kepada orang-orang di dunia ini dengan teknologi. Youtube, Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya adalah media terbaik untuk memperkenalkan beragam budaya kita.
          Pada kesimpulannya, bijak berteknologi adalah tuntutan bagi kita sebagai generasi muda, yang mana seperti kutipan diatas, kita adalah pilar pergerakan bangsa, kemajuan bangsa dan negara ini ada di tangan kita. Menggunakan teknologi dengan tepat untuk memperpintar dan mencerdaskan diri bukan malah memperbodoh diri, mencari ilmu-ilmu dan informasi yang belum kita ketahui sebelumnya, serta untuk saling berbagi dan mengenal. Pengaruh teknologi memang keras, bahkan bisa membuat budaya bangsa terkikis, maka dari itu, kita sebagai generasi muda yang mana kemajuan segala bidang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara  bergantung pada kualitas kita, haruslah kita menjaga dan melestarikan ragam budaya  Indonesia, serta memperkenalkannya dengan dunia luar dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada. Dan hal-hal sederhana ini adalah gugusan jawaban untuk kita, para generasi muda untuk menjawab segala tantangan masa depan, baik bagi diri kita pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara tercinta ini, Indonesia.


Tanjungpandan, 20 Februari 2014

0 komentar

Post a Comment