Skip to main content

Latihan Soal Sejarah Kelas 11 SMT 1 KUrikulum 2013 Tentang Kolonialisme-Imperialisme, VOC, dan Perlawanan Rakyat Indonesia



 Helo guys, kali ini saya berbagi soal-soal untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia.
untuk kunci jawabannya disini ya... :
1.       Imperialisme kuno adalah penguasaan daerah atau bangsa lain dalam rangka mendapatkan kekayaan berupa emas, perak, dan rempah-rempah dalam jumlah yang sebanayk-banyaknya, tidak terlepas dari penerapan aliran merkantilisme di eropa. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat terkait dengan paham ini adalah…
a.       Berkembang pada abad 15 sampai dengan 17 di Eropa
b.      Mula-mula hanya terfokus pada logam mulia seperti emas dan perak
c.       Berfokus pada peningkatan ekspor dan sedpat mungkin mencegah impor
d.      Menekankan pihak swasta sebagai pelaku utama perekonomian
e.      Pada awalnya negara-negara Eropa berupaya saling memonopoli perdagangan
2.       Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 merupakan faktor……….. Kolonialisme-imperialisme Barat.
a.       Tambahan
b.      Penghambat
c.       Pendorong
d.      Pencetus
e.      Utama
3.       Salah satu pelajaran penting dari jatuhnya kota Konstantinopel dan didapatkannya rute baru mendapatkakan rempah-rempah setelah adanya:
a.       Hasrat untuk mencapai ambisi tertentu membuat orang menghalalkan segala cara
b.      Bagi bangsa-bangsa barat, rempah-rempah lebih penting daripada perang
c.       Situasi terdesak membuat orang menjadi kreatif dan inovatif
d.      Perang bukanlah jalan untuk mencapai perdamaian
e.      Lebih baik menguasai bangsa lain daripada dikuasai
4.       Masa ketika orang-orang Eropa melakukan perjalanan ke wilayah Timur antara tahun 1450 sampai tahun 1650 dikenal dengan sebutan era…
a.       Kolonialime-Imperialisme
b.      Reconquesta samudera
c.       Discovery
d.      Pejelajahan samudera
e.      Revolusi
5.       Salah satu peristiwa penting menentukan dalam sejarah kolonialisme dan imperialism adalah penemuan Tanjung Harapan. Tanjung yang terletak di Afrika Selatan ini ditemukan seorang pelaut Portugis yang bernama…
a.       Dom Henry
b.      Bartolomeus Dias
c.       Vasco da Gama
d.      Cabral
e.      Sebastian del Cano
6.       Bangsa barat yang pertama kali berlabuh di Nusantara dan kemudian memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku adalah….
a.       Belanda
b.      Spanyol
c.       Inggris
d.      Portugis
e.      Perancis
7.       Arsitek utama ekspidisi Portugis di Asia serta orang Eropa pertama yang memulai Kolonialisme Eropa selama berabad-abad atas Nusantara adalah
a.       Raja John II
b.      Alfonso de Albuquerque
c.       Christopher Colombus
d.      Vasco da Gama
e.      Dom Henry
8.       Pada saat Portugis tiba di Maluku pada 1512 dua kerajaan Islam yang ada di sana, yaitu Ternate dan Tidore…
a.       Saling berperang memperluas wilayah kekuasaan
b.      Saling bermusuhan merebut pengaruh
c.       Bersekutu untuk mengusir Portugis
d.      Menjalin hubungan dagang dengan Barat
e.      Langsung berhasil mengusir Portugis dari Maluku
9.       Kedatangan Spanyol di Maluku menimbulkan konflik dengan Portugi. Portugis menuduh melanggar perjanjian Tordesillas. Konflik tersebut pun diatasi dengan perjanjian Saragosa, yang isinya antara lain adalah:
a.       Portugis berdagang di wilayah Maluku Utara dan Spanyol di Maluku Selatan
b.      Keduanya membangun serikat dagang bersama dan menerapkan sistem bagi hasil
c.       Spanyol meninggalkan Maluku
d.      Spanyol hanya diperbolehkan menyebarkan agama Kristen
e.      Daerah monopoli bangsa Portugis di Maluku diatasi
10.   Setelah Portugis, Belanda akhirnya masuk juga ke Indonesia. Masuknya Belanda ke Nusantara terjadi berkat:
a.       Melemahnya kekuasaan Portugis di Nusantara
b.      Informasi dari penjelajah dan kartografer Belanda
c.       Bantuan informasi dari pemerintah portugis
d.      Hasil ekspidisi pertama dari Cornelis de Houtman
e.      Hasil dair sebuah penjelajahan yang tidak disengaja
11.   Pernyataan berikut yang bukan merupakan tujuan VOC adalah...
a.       Menghindari persaingan yang tidak sehat diantara para pedagang Belanda
b.      Memperkuat Belanda dalam persaingan dagang dengan bangsa-bangsa Eropa lainnya
c.       Mendapatkan monopoli perdagangan baik komoditasuntuk ekspor maupun impor
d.      Membangun persatuan para pedagang untuk membentuk negara koloni
e.      Membantu pemerintah Belanda yang sedang terlibat perang dengan Spanyol
12.   Pemerintah Belanda kemudian memberikan hak-hak istimewa kepada VOC untuk membuat VOC berfungsi layaknya sebuah negara. Hak istimewa tersebut disebut juga hak…
a.       Oktroi
b.      Privilise
c.       Ekstirpasi
d.      Sewa tanah
e.      Konsultasi
13.   Sempat membaerikan keuntungan bagi Belanda, kongsi dagang VOC akhirnya bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintahan Belanda, sebab-sebab kebangkrutan VOC antara lain…
a.       Organisasi tidak memiliki struktur yang jelas
b.      Banyak pegawainya menerapkan kebijakan sendiri-sendiri
c.       Banyak pegawainya melakukan korupsi
d.      Permintaan rempah-rempah di Eropa menurun akibat perang
e.      Banyak uang yang dikeluarkan untuk membangun benteng-benteng pertahanan
14.   Jenis tanaman yang menjadi focus Van Den Bosch dalam sistem Tanam Paksa adalah…
a.       Tanaman rempah-rempah
b.      Tanaman dengan masa tanam yang singkat
c.       Tanaman yang paling kuat dari serangan hama
d.      Tanaman keras
e.      Tanaman ekspor
15.   Tujuan utaman penerapan kebijakan tanam paksa di bawah Gubernur Jendral Johannes Van Den Boasch adalah…
a.       Menyelamatkan negara Belanda dari kebangkrutan ekonomi
b.      Memenuhi perminataan oasar Eropa akan tanaman-tanaman Ekspor selain cengkeh
c.       Membiayai berbagai perang yang terjadi di Indonesia
d.      Membiasakan petani Indonesia untuk menanam tanaman ekspor
e.      Membiayai perang melawan Perancis
16.   Pelaksanaan kebijakan Pintu Terbuka di Indonesia tidak terlepas dari perubahan peta politik di Belanda pada pertengahan abad ke-19, yaitu…
a.       Kemenangan partai liberal dalam pemilu parlemen
b.      Lepasnya Belanda dari jajahan Perancis
c.       Masuknya gagasan-gagasan liberal dari Inggris
d.      Adanya desakan kaum humanis Belanda
e.      Ratu Belanda menganut paham liberal
17.   Strategi Belanda yang paling ampuh menghadapi perlawanan dari penguasa lokal adalah dengan melakukan politik…
a.       Pecah belah
b.      Aliensi
c.       Gerilaya
d.      Etis
e.      Balas budi
18.   Kesamaan kebijakan Portugis dan Belanda dalam bidang ekonomi di Nusantara adalah…
a.       Menyebarkan agama
b.      Memonopoli perdanganan
c.       Politik pecah belah
d.      Diskriminasi ras
e.      Tanam paksa
19.   Pada tahun 1526 dan 1527 Kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang saat itu dikuasai  Kerajaan Padjajaran yang bercorak Hindu-Buddha. Faktor sosial budaya yang ikut melatar belakangi serangan kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah…
a.       Adanya kekhawatiran ekspansi Portugis ke wilayah-wilayah kekuasaan Demak
b.      Kebijakan monopoli perdagangan oleh portugis di tanah Jawa
c.       Adanya rencana Portugis membangun benteng di Sunda Kelapa
d.      Adanya perjanjian dagang dengan Portugis dan Kerajaan Padjajaran
e.      Adanya kekhawatiran penyebaran agama Kristen oleh Portugis melalui Selat Sunda
20.   Perhatikan data di bawah ini
1.       Bersifat lokal
2.       Belum ada kesadaran kebangsaan
3.       Tertuju pada visi yang besar, Indonesia merdeka
4.       Perlawnaan bersifat fisik
5.       Dipimpin oleh pemimpin kharismatik
Dari data diatas yang bukan cirri perjuangan  rakyat Indonesia melawan penjajahan sebelum lahirnya kesadaran nasional ditunjukkan pada nomor…
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5
21.   Di bawah Sultan Hasanuddin, Kesultanan Masakar berperang dengan VOC pada tahun 1665. Dalam perang itu Makassar kalah. Sultan Hasanuddin terpaksa tunduk pada perjanjian Bongaya pada tahun 1667. Di bawah ini yang tidak termasuk isi perjanjian Bongaya adalah…
a.       Makassar wajib membayar biaya perang
b.      Makassar takluk pada Kesultanan Bone
c.       Pihak barat selain VOC harus meninggalkan Makassar
d.      Makassar menerima kebijakan monopoli perdagangan VOC
e.      VOC membangun benteng di Makassar
22.   Perang besar yang pernah terjadi anatar rakyat Indonesia dan Belanda adalah perang DIponegoro. Sebab khusus perang ini adalah…
a.       Makam leluhur pangeran diponegoro dipindahkan tanpa izin Pangeran Diponegoro
b.      Tempat tinggal pangeran Diponegoro dihancurkan dalam rangka pembangunan jalan
c.       Jalan yang dibangun Belanda melewati tempat tinggal Pangeran Diponegoro
d.      Patok-patok jalan didirikan tanpa izin Pangeran Diponegoro
e.      Patok-patok jalan ditanam diatas makan leluhur Pangeran Diponegoro
23.   Latar belakang utama perlawanan kerajaan-kerajaan di Bali pada tahun 1846, 1848, 1849 adalah…
a.       Belanda tidak menghormati hukum yang berlaku di Bali
b.      Belanda ingin menguasai Bali
c.       Belanda memandang rendah adat istiadat Bali
d.      Raja-raja bali menyatakan merdeka dari Belanda
e.      Raja-raja Bali menyerang pos-pos pertahanan Belanda
24.   Faktor utama lahirnya kolonialisme dan Imperialisme Barat adalah Gold, Gosple, dan Glory. Glory artinya adalah…
a.       Emas
b.      Menyebarkan agama
c.       Kejayaan sebagai Bangsa
d.      Meraja
e.      Menguasai
25.   Pada awal abad kedudukan aceh menjadi penting, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sbb kecuali…
a.       Beralihnya rute perdagangan Islam dari Selat maka ke Selat Sunda
b.      Malaka diduduki oleh Portugis
c.       Banyaknya pedagang Islam yang mengalihkan kegiatannya ke Bandar-banda wilayah Aceh
d.      Aceh terlepas dari penguasaan Portugis
e.      Daerah aceh banyak menghasilkan lada, beras, dan aneka hasil hutan yang sangat diburuhkan oleh pedagang
26.   Bartolomeus Diaz adalah tokoh penjelajah Samudera dari…
a.       Portugis
b.      Spanyol
c.       Belanda
d.      Perancis
e.      Inggris
27.   Alfonso de Albuquerque adalah tokoh penjelajah Smuadera dari…
a.       Portugis
b.      Spanyol
c.       Belanda
d.      Perancis
e.      Inggris
28.   Pada tahun 1817 rakyat Maluki melakukan perlawan terhadap Belanda yang dipimpin oleh…
a.       Pattimura
b.      Sultan Hasanuddin
c.       Pangeran Diponegoro
d.      Tuanku Imam Bonjol
e.      Sisingamangaraja
29.   Pada tahun 1825-1839 rakyat jawa angkat senjata melawan keserakahan Belanda yang dipimpin oleh…
a.       Pattimura
b.      Sultan Hasanuddin
c.       Pangeran Diponegoro
d.      Tuanku Imam Bonjol
e.      Sisingamangaraja
30.   Perang Padri yang teradi pada tahun 1803-1838 adalah perlawanan rakyat yang terjadi di daerah…
a.       Sumatera Barat
b.      Sumatera Selatan
c.       Aceh
d.      Jawa Timur
e.      Maluku
31.   Siasat Benteng Stelsel merupakan strategi Belanda dalam menangkap…
a.       Pattimura
b.      Sultan Hasanuddin
c.       Pangeran Diponegoro
d.      Tuanku Imam Bonjol
e.      Sisingamangaraja
32.   Dalam perlawanan raja-raja Bali terhadap Belanda terkenal dengan nama Perang Puputan yang artinya…
a.       Perang satu lawan satu
b.      Perang melibatkan semua laki-laki dewasa Bali
c.       Perang menggunakan berbagai senjata tradisional
d.      Perang sampai titik darah penghabisan
e.      Perlawanan sampai tujuan tercapai
33.   Perhatikan data berikut
1.       Dipimpin oleh raja, bangsawan atau tokoh agama
2.       Bersifat kedaerahan
3.       Bersifat reaktid dan spontan
4.       Dipimpin kaum terpelajar
5.       Bersifat nasional
6.       Memiliki visi dan misi yang jelas yaitu Indonesia Merdeka
Dari data diatas cir khas peruangan bangsa Indonesia melawan Kolonialisme setelah tahun 1908, ditunjukkan pada nomor…
a.       1,2,3
b.      1,2,4
c.       2,3,4
d.      3,4,5
e.      4,5,6.
34.   Cita-cita politik belanda yang justru membantu melahirkan kesadaran Nasional serta mempersatukan rakyat Indonesia ke dalam satu Bangsa adalah…
a.       Kebijakan pintu terbuka
b.      Pax netherlandica
c.       Politik etis
d.      Indie weebaar
e.      Volksraad
35.   Perhatikan data beriku ini :
1.       Kesuksesan pergerakan nasional di negara-negara lain di Asia Afrika, seperti cina, India, Turki, dan Mesir
2.       Masuk dan berkembangnya paham-paham baru dari Eropa dan Amerika seperti liberalism, demokrasi, dan Nasionalisme
3.       Penderitaan rakyat akibat penjajahan Belanda
4.       Kemenangan Jepang atas Rusia 1905
5.       Timbulnya rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang pernah besar
6.       Munculnya golongan terpelajar
Faktor eksternal yang mendorong nasionalisme Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
a.       1,2,3
b.      1,2,4
c.       2,3,4
d.      3,4,5
e.      3,4,6
36.   Dari data soal nomor 35, faktor internal yang mendorong nasionalisme Indonesia ditunjukkan oleh nomor…
a.       1,2,3
b.      1,2,4
c.       2,3,4
d.      3,4,5
e.      3,5,6
37.   Organisasi Pergerakan Nasional yang berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 adalah…
a.       Budi Utomo
b.      Serekat Islam
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      PNI
e.      Indische Partij
38.   Tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai hari…
a.       Kesaktian Pancasila
b.      Kebangkitan Nasional
c.       Pendidikan
d.      Sumpah Pemuda
e.      Buruh
39.   – Memajukan Perdagangan
-          Membantu para anggota yang mengalami kesulitan
-          Memajukan kepentingan rohani dan jasmani penduduk pribumi
-          Memajukan kehidupan agama islam
Merupakan tujuan dari…
a.       Budi utomo
b.      Serekat Islam
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      PNI
e.      Indische Partij
40.   Organisasi Pergerakan Nasional yang pertama kali bergerak di bidang politik adalah…
a.       Budi Utomo
b.      Serekat Islam
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      PNI
e.      Indische Partij




Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad