Thursday, 20 August 2015

Tugas Bahasa Indonesia Kelas 12 tentang Menganalisis Teks Cerita Sejarah



Ketua Kelompok              : Meliani
Anggota                               : Livia Camelia
                                                  Yuli Chetari
                                                  Jesisca
                                                  Lina Tri Astuti

Tugas 3 : Menganalisis Teks Cerita Sejarah

(2) Agar kalian lebih memamahami kearifan yang terdapat pada peristiwa lahirnya Hari Buruh tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
a.       Carilah nilai kearifan dalam tiap peristiwa yang menyebabkan munculnya Hari Buruh.
Jawab :
Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei dan sering disebut May Day.  Hari Buruh ini diperingati untuk mengenang jasa para buruh. Nilai kearifan yang ada yaitu :
Nilai kearifan dalam tiap peristiwa yang menyebabkan munculnya Hari Buruh adalah
-          Menghargai sesama manusia;
-          Rasa persatuan dan kesatuan para buruh untuk menuntut jam kerja yang layak;
-          Rela berkorban dan semangat pantang menyerah para buruh untuk menuntut hak-hak mereka;
-          Keberanian menyuarakan pendapat dan saran terhadap kebijakan yang bertentangan;

b.      Menurut kalian, apakah demonstrasi yang dilakukan kaum buruh di berbagai daerah itu memiliki manfaat?
Jawab   :
Ya, memiliki manfaat. Demonstrasi yang dilakukan para buruh di daerah merupakan suara/pendapat/saran/kritik terhadap kebijakan dan pelaksanaan kebijakan yang diaanggap tak sejalan. Demonstrasi yang dilakukan di daerah tersebut pasti akan mendapat perhatian, tanggapan untuk kemudian akan diambil keputusan oleh yang bertanggung jawab di dalamnya. Apabila suara para buruh tersebut diambil dengan baik oleh pembuat aturan, maka tentu akan member kepuasan dan manfaat bagi para buruh.

c.       Kebijakan apa yang terdapat pada peristiwa Hari Buruh tersebut yang dapat dijadikan bahan acuan menghadapi kehidupan saat sekarang?
Jawab :
Kebijakan pada peristiwa hari buruh yang dapat dijadikan bahan acuan menghadapi kehidupan saat sekarang adalah kebijakan jam kerja selama delapan jam atau empat puluh jam/minggu (lima hari kerja). Kebijakan tersebut telah menjadi acuan dalam kehidupan sekarang bahkan ebijakan ini telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1953. Dengan adanya kebijakan ini berarti bisa meminimalkan terjadinya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang tersembunyi dibalik hubungan industrial hingga saat ini.

d.      Apakah kebijakan yang ada sama seperti yang diharapkan para buruh tersebut?
Jawab   :
Iya, kebijakan tersebut sudah seperti apa yang diharapkan para buruh, namun dari sudut pandang sederhana penerapan kebijakan itu tidak berjalan dengan baik di lapangan sebagaimana mestinya menjadi kewajiban pengusaha/pemberi upah.

e.      Apakah kebijakan tersebut memengaruhi jam kerja buruh?
Jawab   :
Ya, mempengaruhi. Karena sebelum ada kebijakan tersebut, para pekerja dunia harus bekerja 20 jam sehari tetapi tidak setara dengan imbalannya sehingga banyak terjadi bentuk kerja paksa dan perbudakan yang tersembunyi di balik hubungan industrial. Kini semenjak adanya kebijakan tersebut para buruh mendapatkan pekerjaan yang layak dengan waktu kerja dan imbalan yang setara seperti penerapan 8 jam kerja/hari bagi para buruh tersebut.

(3) Kecenderungan peristiwa sejarah yang berkesinambungan menyebabkan peristiwa sejarah berlangsung dalam waktu yang panjang dan tidak terputus dalam satu periodisasi saja.

a.         Menurut kalian, apakah peristiwa Hari Buruh tidak berhenti dalam satu periodisasi juga?
Jawab   :
Tidak, peristiwa hari Buruh tidak berhenti dalam satu periodisasi saja, namun terus berkesinambungan dari babak ke babak hingga ditetapkanlah 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

b.      Apakah ada pengaruh peristiwa Hari Buruh terhadap kaum buruh di Indonesia?
Jawab  :
Ada, yaitu seperti menekan angka kerja paksa dan perbudakan dalam hubungan industrial di Indonesia, para butuh mendapatkan upah yang layak dan sesuai dengan kuantatas dan kualitas kerjanya.

c.       Diskusikanlah dengan kelompok kalian masing-masing dampak Hari Buruh tersebut terhadap kaum buruh di Indonesia.
Jawab  :
Dampak Hari Buruh terdapat kaum buruh di Indonesia adalah

Dampak Positif
-       Menekan angka kerja paksa dan perbudakan dalam hubungan industrial di Indonesia
-       Para buruh di Indonesia mendapatkan upah yang layak dan susuai dengan kuantitas dan kualitas kerjanya
-       Meningkatkan kesejahteraan buruh

Dampak Negatif
-       Demo yang dilakukan para buruh pada tanggal 1 Mei sering menimbulkan bentrokan dan ketidaktertiban sehingga tujuan utama para buruh tidak tersampaikan dengan baik.

d.                  Carilah dari berbagai sumber mengenai pengaruh peringatan Hari Buruh dunia terhadap Indonesia!
Jawab  :
Peringatan Hari dunia, para buruh di Indonesia turun ke jalan untuk melakukan demo, menyuarakan dan menuntut hak-hak mereka, tuntutan mereka hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang kaum buruh Indonesia tidak hanya terhimpit oleh persoalan lain seperti upah rendah, out sourcing, system kerja kontrak, jaminan sosialisme, namun juga harus berhadapan dengan arus masuk buruh dari Negara Asean lainnya, kemungkinan besar kepastian kerja semakin menipis dan daya tawar semakin menurun.

Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar 100% dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)


Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)
 

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni

0 komentar

Post a Comment