Rangkuman | Materi Pembelajaran Sekolah | Tutorial | dan lainnya

Saturday, 12 September 2015

Latihan Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Bab I Kelas 12 Semester 1 Halaman 29




1.       Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkaitan dengan vasred interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. Jelaskan!
Jawab:
a.       Pemberontakan APRA
Peristiwa Kudeta APRA atau kudeta 23 Januari 1950 dimana kelompok milisi Angkatan Perang Ratu Adil yang ada di bawah pimpinan mantan kapten KNIL Raymon Westerling masuk ke kota Bandung dan membunuh semua orang yang berserangam TNI yang mereka temui. Pemberontakan ini bertujuan untuk mempertahankan kedudukan Negara Pasundan dan kepentingan ekonomi Belanda di Indonesia.

b.      Pemberontakan Andi Aziz
Dilatarbelakangi oleh tuntutan Andi Aziz oleh pemerintahan RIS mengenai APRIS dari ujung Pandang saja yang bertanggung jawab atas wilayah keamanan NIT. Juga penolakan atas masuknya tentara APRIS di Jawa. Pimpinan Mayor H.V. Warang. Pemberontakan ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesa Timur.

c.       Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) pimpinan Dr. Christian Robbert Steven Soumokil
Dilatarbelakangi oleh sikap Soumokil dibantu oleh Manusama yang membujuk anggota KN dan pasukan baret hijau yang terlibat daam pemberontakan Andi Aziz untuk masuk membentuk RMS. Serta penolakan Soumokil atas pembentukan NKRI dan penyelesaian masalah secara damai.

2.       Jelaskan perbedaan latar belakang terjadinya peberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII di Aceh!
Jawab:
Di Jawa Barat     : Dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan Kartosuwiryo terhadap perjanjian Renville serta ambisi untuk mendirikan Negara Islam Indonesia.
Di Aceh                 : Kebijakan RI yang memasukkan Aceh ke Provinsi Sumatera Utara.

3.       Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan
keputusan yang diambil dalam perundingan KMB!
Jawab :
Perbedaan pendapat dan pendirian dari dua pihak itu. KNIL menginginkan membangun Negara baru dibawah kekuasaan Belanda. Sedangkan APRIS ingin mendirikan Negara tanpa campur tangan pihak asing. KNIL menginginkan bahwa hanya ialah patut yang menjadi tentara dan tidak ada kuasa lain selain KNIL.

4.       Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara, latar belakang terjadinya pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat-daerah pada masa sekarang!
Persamaan         : Ketidakpuasan terhadap ketetapan yang berlaku
Perbedaan          : Pada periode 1948-1965 pemberontakan dilakukan secara terbuka dan anarkis tidak ada hal yang mengekang mereka berbeda dengan sekarang yang lebih memilih menggunakan media ceak, tulisan, ataupun tayangan-tayangan mendukung perbedaan pendapat/ketdakpuasan tsb.


5.       Tuliskan lima hikmah yang bias diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!
1)      Pentingannya rasapersatuan dan kesatuan serta rasa cinta terhadap nusa dan bangsa, Indonesia
2)      Pentingnya menghargai pendapat orang lain namun tidak memaksakan kepentingan pribadi/kelompok saja
3)      Pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila dan mengimplikasikannya
4)      Pentingnya membuat kebijakan yang membuahkan maslahat bagi banyak orang
5)      Bahwa kekerasakan tak akan menyelesaikan permasalahan.


Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)

Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)
 

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni




Kasih Kado Unik Yuk!!

Kasih Kado Unik Yuk!!

Join Ya :)

Total Pageviews

@melia_ni. Powered by Blogger.