Skip to main content

Latihan Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Bab I Kelas 12 Semester 1 Halaman 29




1.       Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkaitan dengan vasred interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. Jelaskan!
Jawab:
a.       Pemberontakan APRA
Peristiwa Kudeta APRA atau kudeta 23 Januari 1950 dimana kelompok milisi Angkatan Perang Ratu Adil yang ada di bawah pimpinan mantan kapten KNIL Raymon Westerling masuk ke kota Bandung dan membunuh semua orang yang berserangam TNI yang mereka temui. Pemberontakan ini bertujuan untuk mempertahankan kedudukan Negara Pasundan dan kepentingan ekonomi Belanda di Indonesia.

b.      Pemberontakan Andi Aziz
Dilatarbelakangi oleh tuntutan Andi Aziz oleh pemerintahan RIS mengenai APRIS dari ujung Pandang saja yang bertanggung jawab atas wilayah keamanan NIT. Juga penolakan atas masuknya tentara APRIS di Jawa. Pimpinan Mayor H.V. Warang. Pemberontakan ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesa Timur.

c.       Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) pimpinan Dr. Christian Robbert Steven Soumokil
Dilatarbelakangi oleh sikap Soumokil dibantu oleh Manusama yang membujuk anggota KN dan pasukan baret hijau yang terlibat daam pemberontakan Andi Aziz untuk masuk membentuk RMS. Serta penolakan Soumokil atas pembentukan NKRI dan penyelesaian masalah secara damai.

2.       Jelaskan perbedaan latar belakang terjadinya peberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII di Aceh!
Jawab:
Di Jawa Barat     : Dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan Kartosuwiryo terhadap perjanjian Renville serta ambisi untuk mendirikan Negara Islam Indonesia.
Di Aceh                 : Kebijakan RI yang memasukkan Aceh ke Provinsi Sumatera Utara.

3.       Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan
keputusan yang diambil dalam perundingan KMB!
Jawab :
Perbedaan pendapat dan pendirian dari dua pihak itu. KNIL menginginkan membangun Negara baru dibawah kekuasaan Belanda. Sedangkan APRIS ingin mendirikan Negara tanpa campur tangan pihak asing. KNIL menginginkan bahwa hanya ialah patut yang menjadi tentara dan tidak ada kuasa lain selain KNIL.

4.       Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara, latar belakang terjadinya pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat-daerah pada masa sekarang!
Persamaan         : Ketidakpuasan terhadap ketetapan yang berlaku
Perbedaan          : Pada periode 1948-1965 pemberontakan dilakukan secara terbuka dan anarkis tidak ada hal yang mengekang mereka berbeda dengan sekarang yang lebih memilih menggunakan media ceak, tulisan, ataupun tayangan-tayangan mendukung perbedaan pendapat/ketdakpuasan tsb.


5.       Tuliskan lima hikmah yang bias diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!
1)      Pentingannya rasapersatuan dan kesatuan serta rasa cinta terhadap nusa dan bangsa, Indonesia
2)      Pentingnya menghargai pendapat orang lain namun tidak memaksakan kepentingan pribadi/kelompok saja
3)      Pentingnya memahami nilai-nilai Pancasila dan mengimplikasikannya
4)      Pentingnya membuat kebijakan yang membuahkan maslahat bagi banyak orang
5)      Bahwa kekerasakan tak akan menyelesaikan permasalahan.


Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)

Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni




Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad