Monday, 18 January 2016

Referensi Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Halaman 11 No. 8 tentang Kalimat Utama Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana”



a.      Kalimat utama paragraf kedua adalah “Padahal, dengan pariwisata, daerah bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya.”

b.      Kalimat utama paragraph ketiga adalah “Di Kepulauan Tigoen, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata.”


c.       Kalimat utama paragraph keempat adalah “Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel- ombak berbentuk terowongan- yang dapat ditemui sepanjang waktu : Hawaii, Haiti, dan Mentawai.

d.      Kalimat utama paragraph kelima adalah “Dengan ribuan “surge yang tersembunyi” itu, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini.


e.      Kalimat utama paragraph keenam adalah “Problem utama daru tudaj berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.”

f.        Kalimat utama paragraph ketujuh adalah “Kesadarab menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru datang dari operator wisata.”


g.      Kalimat utama paragraph kedelapan adalah “Selain membangun infrastruktur- seperti akses ke tempat itu- dan saranan semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.

h.      Kalimat utama paragraph kesembilan adalah “Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau- kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit- bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba.”


i.        Kalimat utama paragraph kesepuluh adalah “Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata.”


0 komentar

Post a Comment