Skip to main content

Latihan Soal Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan (IPA Kelas 5)



1.      Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang melalui
a.     Jantung – paru-paru – jantung
b.     Paru-paru – jantung – lambung
c.     Jantung – seluruh tubuh – jantung
d.     Jantung – paru-paru – seluruh tubuh

2.      Jika kita kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kita mengalami penyakit….
a.     Rabun senja
b.     Rakhitis
c.     Kemandulan
d.     Sariawan

3.      Manakah yang tidak termasuk fungsi darah dalam tubuh…
a.     Membunuh bibit penyakit
b.     Mengatur suhu tubuh
c.     Memompa darah
d.     Mengangkut sari-sari makanan, oksigen, dan zat-zat sisa pembakaran

4.      Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung … kecuali
a.     Air, karbohidrat, lemak
b.     Mineral, vitamin, hamburger
c.     Vitamin, air, lemak
d.     Karbohidrat, lemak, protein

5.      Enzim dalam lambung yang dapat membunuh kuman-kuman adalah…
a.     Pepsin
b.     Rennin
c.     Kasein
d.     HCl

6.      Buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah
a.     Kecambah
b.     Jeruk manis
c.     Es buah
d.     Bunga kol


7.      Penyakit yang disebabkan oleh kurangnya darah merah tubuh adalah
a.     Leukemia
b.     Anemia
c.     Varises
d.     Rakhitis

8.      Penyakit yang menyerang alat pernafasan adalah…
a.     Anemia
b.     Asma
c.     Hipermetropi
d.     Buta warna

9.      Cacing tanah bernafas dengan…
a.     Insang
b.     Trakea
c.     Paru-paru
d.     Kulit yang basah

10.  Saluran makanan pada manusia secara urut adalah…
a.     Mulut – kerongkongan – lambung – usus halus – usus besar – anus
b.     Mulut – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – anus
c.     Mulut – tenggorokan – usus halus – usus besar – lambung – anus
d.     Mulut – kerongkongan – lambung – usus besar – usus halus – anus

11.  Berikut yang bukan merupakan cara memelihara kesehatan alat pencernaan adalah…
a.     Makan makanan yang bergizi
b.     Melaksanakan pola makan teratur
c.     Makan dengan cepat dan banyak
d.     Menjaga kebersihan makanan

12.  Makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga/sumber energy adalah…
a.     Nasi, roti, air
b.     Daging, susu, dan mineral
c.     Ikan, nasi, dam vitamin
d.     Roti, nasi, dan gandum





13.  Zat makanan yang berfungsi sebagai zat pembangun adalah…
a.     Karbohidrat
b.     Lemak
c.     Protein
d.     Vitamin

14.  Proses penyerapan sari-sari makanan terjadi di …
a.     Lambung
b.     Hati
c.     Usus besar
d.     Usus halus

15.  Proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimia terjadi di…
a.     Mulut
b.     Kerongkongan
c.     Lambung
d.     Usus

16.  Pembuluh darah yang dekat dengan permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan adalah…
a.     Vena
b.     Nadi
c.     Arteri
d.     Aorta

17.  Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari pembuluh nadi adalah …
a.     Empatnya agak dalam
b.     Membawa darah bersih
c.     Jika terluka, darah memancar
d.     Jika terluka, darah tidak memancar

18.  Proses menghirup udara dan mengeluarkan udara disebut…
a.     Bernafas
b.     Adaptasi
c.     Ekskresi
d.     Reproduksi





19.  Tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida adalah…
a.     Hidung
b.     Tenggorokan
c.     Alveolus
d.     Bronkiolus

20.  Lumba-lumba dan paus sering muncul di permukaan air, dengan tujuan…
a.     Mencari makanan
b.     Mencari pasangan
c.     Menghirup udara
d.     Berkembang biak

21.  Berikut yang bukan merupakan cara memelihara kesehatan alat pernafasan adalah…
a.     Makan makanan yang bergizi
b.     Berolahraga secara teratur
c.     Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
d.     Tidak meninggalkan kebiasaan merokok

22.  Proses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh disebut proses….
a.     Pernafasan
b.     Pencernaan
c.     Pertumbuhan
d.     Perkembangan

23.  Saluran pernafasan manusia secara urut yaitu….
a.     Hidung – tenggorokan – bronkus – blonkiolus – alveolus
b.     Hidung – kerongkongan – bronkus – bronkioluus – alveolus
c.     Hidung – tenggorokan – bronkiolus – bronkus – alveolus
d.     Hidung – kerongkongan – alveolus – bronkus – bronkiolus

24.  Burung bernafas dengan … dan …
a.     Paru-paru, insang
b.     Paru-paru, pundi-pundi udara
c.     Insang, trakea
d.     Paru-paru, hidung




25.  Tempat mengatur kadar air pada sisa pencernaan adalah…
a.     Usus halus
b.     Lambung
c.     Usus besar
d.     anus

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad