1. Tuliskan 5 contoh teks non akademik!
Jawab
: Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama
2. Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia!
Jawab
:
1)
Metode Langsung : metode yang menerapkan secara
langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan.
2)
Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan,
seperti belajar bahasa ibu
3)
Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada
pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana.
3. Tuliskan 3 tahapan orientasi!
Jawaban
:
1)
Menyampaikan informasi mengenai suatu teks
secara umum
2)
Menyampaikan latar belakang secara umum
3)
Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara
umum
4. Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa
Indonesia di PT!
Jawab
:
Visi
:
1)
Menemukan sikap mental sivitas akademik yang
mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan
bangsa dan Negara
2)
Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara
akademik baik dalam bentuk bahasa idonesia maupun dalam tulisan
Misi
:
1)
Meningkatkan literasi berbahasa Indonesia di
kalangan sivitas akademik
2)
Meningkatkan akses dan relevansi pendidikan
tinggi berbasis bahasa Indonesia
3)
Meningkatkan kemampuan sivitas akademik mencari
dan menemukan ilmu pengetahuan, teknologi, serta senin melalui bahasa Indonesia
4)
Meningkatkan kesadaran sivitas akademik akan
peran penting sebagai agen transformasi, pola berfikir saintifik, melalui
penggunaan bahasa Indonesia.
5. Ciri-ciri teks akademik dan Non akademik!
Jawab
:
Teks Akademik
|
Teks Non Akademik
|
Struktur kalimat
yang sederhana
|
Struktur kalimatnya
rumit
|
Padat akan
informasi
|
Tidak padat akan informasi
|
Padat kata-kata
leksikal
|
Padat kata-kata
structural
|
Banyak menggunakan
istilah teknis
|
Tidak banyak
menggunakan istilah teknis
|
Bersifat taksonomik
dan abstrak
|
Bersifat konkrit
dan non taksonomik
|
Mengambil genre
faktual
|
Mengambil genre bervariasi
dan fiksional
|
6. Cara Mengulas buku!
Jawab
:
1)
Mencari buku yang diulas
2)
Membaca kritis
3)
Membuat ringkasan
4)
Menentukan criteria penilaian
5)
Mencari buku pembanding dan referensi sebagai
rujukan
6)
Menulis ulasan yang dimaksud
7. Struktur Teks Ulasan!
Jawab
:
1)
Identitas, yang berisi informasi penting seperti
judul, penulis, penerbit, tahun penerbitan, dll
2)
Orientasi, menyampaikan garis besar tentang apa
yang diulas, siapa penulisnya, pembaca yang dituju, menyatakan pendapat
pengulas tentang buku secara singkat
3)
Tafsiran Isi, yang berisi penceritaan ulang, isi
atau ringkasan buku, perbandingan dengan buku lain yang sejenis
4)
Evaluasi, berfungsi menilai buku yang diulas
secara analitis, objektif, dan kritis.
5)
Rangkuman, berisi simpulan dan sasaran atas
ulasan buku yang dibuat.
8. Penyebab terjadinya kemunduran bahasa!
Jawab
:
Penyebab
terjadinya kemunduran bahasa disebabkan beberapa factor seperti teknologi dan
globalisasi, yang memudahkan bahasa asing masuk bahkan tanpa filtrasi. Kemudian
perubahan dalam struktur masyarakat, dan lain hal.
9. Peran sebagai mahasiswa dalam menghadapi
kemunduran berbahasa!
Jawab
:
Mengajak
menumbuhkan kesadaran bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa
persatuan yang eksistensinya patut untuk dijunjung tinggi, memberikan
fakta-fakta menarik kepada masyarakat tentang bahasa Indonesia, seperti bahwa
bahasa Indonesia adalah bahasa yang unik yang bisa menyerap banyak kosa kata
asing, bahasa Indonesia dipelajari oleh banyak Negara, kurang lebih 50 negara
di dunia, dan di Australia sendiri menjadi bahasa ke dua, dan menjadi bahasa
wajib di beratus sekolah dasarnya, kalau orang lain saja senang belajar bahasa
Indonesia, mengapa kita tidak?
10. Formulasi Bahasa dalam Teks Ulasan!
Jawab
:
Penggunaan
leksis, nomina, verba, adjektiva, dan adverbial
11. Mengapa lebih memilih bahasa Inggris
dibanding bahasa Indonesia?
Jawab
:
Karena
bahasa Inggris adalah bahasa Internasional nomor satu yang artinya menjadi
bahasa penghubung nomor satu antarmasyarakat di dunia, menjadi bahasa yang
digunakan dalam interaksi antarbangsa. Selain itu bahasa Inggris juga banyak
mewakili berbagai ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi, yang banyak kosa
katanya tidak bisa diubah dan ditemukan dalam bahasa Indonesa. Disadari
tidaknya, perkembangan IPTEKS memaksa kita untuk lebih memahami bahasa Inggris
dibanding bahasa Indonesia. Disamping itu mampu berbahasa asing juga bisa
memberikan nilai lebih bagi seseorang.
12. Evaluasi dalam teks ulasan!
Jawaban
:
Adalah
suatu tahap atau bagian dari struktur teks ulasan yang berfungsi untuk
memberikan penilaian terhadap buku yang diulas secara analitis, objektif, dan
kritis berisi tentang aspek yang dinilai, gaya penulisan, kelemahan dan
keunggulan buku, dll
13. Perbedaan makalah dengan Proposal!
Jawab
:
Proposal
mengandung makna sebagai rencana yang dituangkan ke dalam rancangan kerja
(KBBI) yang mana harus disusun secara objektif, sistematis, dan terencana dalam
mengekplorasi masalah, serta harus diungkapkan secara akurat dan berterima
dalam gaya penulisannya. Sedangkan makalah merupakan bagian dari teks ilmiah
yang berisi tentang pembahasan ilmiah berdasarkan teori-teori yang telah
dikemukakan terdahulu oleh pakar-pakar dan para ahli.
14. Perbedaan genre factual dan fiksional!
Jawab
:
Genre
factual ditulis berdasarkan kenyataan empiris, sedangkan genre fiksional
berdasarkan rekaan dan khayalan
15. Pendapat Anda bolehkah bahasa daerah
digunakan dalam perkuliahan!
Jawab
:
Bahasa
daerah boleh saja digunakan dalam perkuliahan sebagai bahasa pengantar pada
hari-hari tertentu, ini dimaksudkan agar sivitas akademisi tidak hanya cerdas
dalam berbahasa Indonesia untuk memperlihatkan tingkat intelektualitasnya saja,
tapi juga harus cerdas dalam memelihara budaya, karena bahasa daerah merupakan
budaya yang patut dijaga kelestariannya.
16. Apa fungsi bahasa daerah?
Jawab
:
1)
Sebagai lambang kebanggaan dan lambang identitas
daerah
2)
Alat berhubungan di dalam masyarakat daerah
3)
Sarana pendukung bahasa daerah dan bahasa
Indonesia
17. Apa fungsi bahasa Asing?
Jawab
:
1)
Sebagai alat interaksi antar bangsa
2)
Sarana pemanfaatan ilmu pengetahuan dan
teknologi modern untuk pembangunan nasional.
18. Pengertian Skripsi, Karya Ilmiah, dan
Proposal!
Jawab
:
1)
Karya ilmiah merupakan serangkaian
kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian, yang sistematis berdasar pada
metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan
yang muncul sebelumnya.
2)
Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib
ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan
akademisnya. (KBBI)
3)
Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam
bentuk rancangan kerja. (KBBI) baik rancana penelitian maupun rencana kegiatan.
Comments
Post a Comment