Rangkuman | Materi Pembelajaran Sekolah | Tutorial | dan lainnya

Tuesday, 28 March 2017

Latihan Soal Hukum dan Etika Bisnis



1.        Asas Perlindungan Konsumen
Penjelasan :
a.        Asas manfaat adalah upaya dalam menyelenggarakan perlindungan konsumen harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara keseluruhan.
b.        Asas keadilan adalah memberikan kesempatan kepada konsumen dan pelaku usaha untuk memperoleh haknya dan melaksanakan kewajiban secara adil.
c.        Asas keseimbangan adalah memberikan keseimbangan antara kepentingan konsumen pelaku usaha,dan pemerintah dalam arti materil dan spritual.
d.        Asas keamanan dan keselamatan konsumen untuk memberikan keamanan dan keselamatan kepada konsumen dalam penggunan,pemakaian dan pemanfaatan barang dan jasa yang dikonsumsi atau digunakan. 
e.        Asas kepentingan hukum adalah baik pelaku maupun konsumen menaati hukum dan memperoleh keadilan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen serta negara menjamin kepastian hukum.

2.        Tujuan UU No 5 Tahun 1999
Penjelasan :
a.        Mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui pengaturan persaingan usaha yang sehat, sehingga menjamin adanya kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi pelaku usaha besar, pelaku usaha menengah dan pelaku usaha kecil.
b.        Menjaga kepentingan umum dan meningkatkan efisiensi ekonomi nasional sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
c.        Mencegah praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang ditimbulkan oleh pelaku usaha.
d.        Terciptanya efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan usaha

3.        Sasaran UU Pasar Modal (UU No 8 Tahun 1955)
Penjelasan : :
1. Menciptakan kerangka hukum yang kokoh dibidang pasar modal.
2. Meningkatkan transparansy dan menjamin perlindungan terhadap masyarakat pemodal.
3. Meningkatkan profesionalisme pelaku pasar modal.
4. Menciptakan sistem perdagangan yang aman, efisien dan likuid.
5. Membuka kesempatan berinvestasi bagi pemodal kecil.

4.        UU Pasal 8 Tahun 1999!
Penjelasan :
·         Hak dan Kewajiban Konsumen
Hak konsumen meliputi:                                                                                        
a.        Hak atas kenyamanan,keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa.
b.        ak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
c.        hak informasi yang benar,jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa.
d.        hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan jasa yang digunakan.
Kewajiban Konsumen meliputi :
a.        Membaca,mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian barang dan jasa demi keamanan dan keselamatan.
b.        Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang atau jasa
c.        membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
Hak pelaku usaha antara lain :                                                             -
a.          Hak untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang atau jasa yang di perdagangkan.
b.          Hak mendapat perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik.
c.          Hak untuk melakukan pembelaan diri sepatutnya di dalam penyelesaian hukum sengketa konsumen.         
Kewajiban Pelaku Usaha :
a.        Beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya.
b.        melakukan informasi yang benar dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan perbaikan dan pemeliharaan.
c.        memperlakukan/melayani konsumen,secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif,pelaku usaha dilarang membedakan konsumen dalam memberikan pelayanan.

·         Tanggung Jawab Produk
a.        Tanggung  jawab kesalahan pelaku usaha terhadap produk yang dihasilkan atau diperdagangkan dengan memberi ganti kerugian atas perusahaan,pencemaran,kerusakan,kerugian konsumen.
b.        Pasal 27 disebutkan hal-hal yang membebaskan pelaku usaha dari tanggung jawab atas kerugian yang di derita konsumen apabila:
-          Barang tersebut terbukti seharusnya tidak diedarkan atau tidak dimaksudkan untuk diedarkan.
-          Cacat barang timbul pada kemudian hari.
-          Cacat timbul akibat ditaatinya ketentuan mengenai kualifikasi barang.
-          Kelalaian yang diakibatkan oleh konsumen.

5.        One Prestasi (Kelalaian)!
Penjelasan :
One prestasi adalah suatu keadaan dimana pihak yang seharusnya berprestasi (debitur) tidak melakukan kewajibannya karena adanya unsur kesalahan,padahl debitur telah diberikan peringatan untuk melaksanakan kewajibannya.

Perlindungan hukum jika terjadinya oneprestasi, suatu cara,proses,perbuatan melindungi berdasarkan hukum atau dapat pula suatu perlidungan yang diberikan melalui hukum tersebut.
a.        Perlindungan hukum yang prepentif, bertujuan untuk mencegah terjadinya sengketa.
b.        Perlindungan hukum yang refrensif, bertujuan untuk menyelesaikan sengketa secara harfiah

One Prestasi dapat berupa:
1.        Tidak melakukan apa yang disanggupi akan dilakukannya.
2.        Melaksanakan apa yang dijanjikannya,tetapi tidak sebagai mana yang dijanjikan.
3.        Melakukan apa yang dijanjikan tetapi terlambat.
4.        Melakukan sesuatu yang menurut perjanjian tidak boleh di lakukannya.

         

Kasih Kado Unik Yuk!!

Kasih Kado Unik Yuk!!

Join Ya :)

Total Pageviews

@melia_ni. Powered by Blogger.