Saturday, 20 July 2013

Badan-Badan Kerjasama Regional Dan Multilateral


A.      Badan Kerjasama Antarnegara Di Bidang Ekonomi
Badan negara dapat diartikan sebagai sebuah organisasi yang berdasarkan suatu perjanjuan, kriteria, dan tujuan tertentu.

a.        Badan Kerjasama Regional
1.       ASEAN
Dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Negara-negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura. Filiphina, dan Thailand. Tujuan berdirinya ASEAN adalah mengadakan kerjasama dibidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara-negara ASEAN itu sendiri. kerjasama ASEAN semakin berkembang setelah para pemimpinnya sepakat membentuk kawasan perdagangan bebas ASEAN (AFTA) dalam waktu 15 tahun (2008)
2.       AFTA (Asean Free Trade Area)
adalah bentuk kerjasama negara-negara ASEAN yang bertujuan menciptakan area perdagangan bebas di kawasan ASEAN. AFTA dibentuk pada bulan Januari 1992. Pembentukan AFTA bertujuan untuk mrningkatkan spesialisasi di negara anggota ASEAN, meningkatkan kegiatan ekspor dan impor, serta meningkatkan investasi bagi negara ASEAN. Konsep AFTA adalah penurunan tarif perdagangan antarnegara ASEAN sehingga menurunkan biaya ekonomi.
3.       SAARC (South Association for regional cooperation)
Adalah ebntuk kerjasama yang beranggotakan negara di kawasan Asia Selatan. Kerjasama ini di bentuk pada tanggal 8 Desember 1985 yang diprakarsai negara Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. SAARC bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Selatan.
4.       APEC (Asia pasific economic cooperation)
Adalah bentuk kerjasama yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Aggota APEC meliputi negara-negara di Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Pembentukan APEC terjadi pada bulan November 1989di Canberra, Australia. APEc bertujuan untuk menjalin kerjasama dibidang perdagangan, investasi, dan pariwisata; memperkuat perdagangan internasional negara-negara di Asia Pasifik dan negara lain; mengurangi hambatan perdagangan internasional; serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.
5.       Uni Eropa/European Union (UE)
Adalah organisasi kerjasama ekonomi dan sosial yang beranggotakan negara-negara di Eropa. Uni Eropa dibentuk pada tahun 1957 di Roma, Italia. Berdasarkan kesepakatan Traktat Roma. Tujuan Uni Eropa adalah menghilangkan hambatan perdagangan bebas; memajukan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Eropa; melakukan mobilisasi ekonomi; menyatukan perekonomian ke wilayah pemasaran bersama; serta meningkatkan daya saing negara-negara anggota Uni Eropa terhadap perekonomian Internasional.
B.      Kerjasama Internasional
Merupakan bentuk kerjasama yang melibatkan beberapa negara di dunia dan tidak dibatasi oleh kawasan tertentu
1.       Bank Dunia
Didirikan atas dasar kesepakatan konferensi bretoon woods tanggal 27 Desember 1945. Bank dunia mulai beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946 dengan tugasnya membantu negara-negara yang rusak akibat perang. Bank dunia memiliki tujuan antara lain:
·         Memberikan bantuan perbaikan dan pembangunan negara anggota
·         Mempromosikan penanaman modal swasta asing melalui pemberian pinjaman berkaitan penanaman modal swasta
·         Memproklamasikan pinjaman jangka panjang dalam perdagangan antarnegara dan menyeleksi program-program penting berkaitan dengan penanaman modal swasta
Pada pelaksanaan programnya, bank dunia dibantu oleh beberapa lembaga keuangan lainnya sebagai berikut:
a)      IBRD
Berdiri pada tanggal 27 desember 1945 dan mulai beroperasi pada 6 juni 1946. IBRD bertujuan membantu perbaikan dan pembangunan negara-negara anggota melalui penanaman modal produktif; mendukung penanaman modal swasta bagi negara berkembang; meningkatkan perdagangan antarnegara dan memelihara kondisi neraca pembayara; mengatur dan menjamin pinjaman agar tepat sasaran dan tepat guna, serta menuntun operasional pinjaman dengan memerhatikan faktor penanaman modal.
b)      IDA
Berdiri pada 15 september 1960. Lembaga dunia ini menangani masalah pembangunan dan kemajuan negara-negara berkembang
c)       IFC
Berdiri pada tahun 1956. IFC bertujuan untuk membiayai kegiatan penanaman modal swasta di negara berkembang; membantu perusahaan swasta mengalokasikan dana dipasar uang dunia; serta menyediakan bantuan teknik dan analisis bagian dunia usaha dan pemerintah
d)      MIGA
Berdiri pada tahun 1985 yang memberikan jaminan dan mempromosikan penanaman modal langsung kepada negara-negara berkembang
e)      ICSID
Dibentuk pada tanggal 1966. Lembaga ini bertugas untuk menyelesaikan perselisihan investasi atau penanaman modal antara pemerintah dan negara asing.
2.       IMF (Intenational monetary fund)
Didirikan  berdasarkan konferensi bretton woods, di new hampshare, amerika serikat yang berlangsung 1-22 juli 1944. Pembentukan ini dimaksudkanuntuk menata pembayaran internasional yang kacau akiat perang. Lembaga ini memberikan pinjaman dana untuk membantu masalah keuangan suatu negara.
Tujuan dibentuknya IMF:
·         Memajukan kerjasama moneter internasional
·         Memberikan kemudahan dalam pelaksanaan perdagangan antarnegara
·         Memelihara kestabilan perdagangan antarnegara
·         Menjaga perjanjian dan menghindari persaingan perdagangan yang tidak sehat
·         Menciptakan sistem pembayaran yang lancar dalam perdagangan antarnegara
·         Mengurangi hambatan perdagangan negara
·         Memberikan keyakinan kepada negara anggota melalui persediaan sumber dana.
3.       ADB (asian development bank)
Berdiri pada tahun 1966 bertujuan mendukung perkembangan sosial dan ekonomi di kawasan asia dan Pasifik dan memberikan bantuan kepada negara Asia yang sedang melaksanankan pembangunan
Fungsi:
·         Memberikan pinjaman dan modal untuk kemajuan ekonomi dan sosial
·         Memberikan bantuan teknik dan jasa konsultan pembangunan
·         Mendorong penanaman modal swasta dan modal pelaksanaan pembangunan
·         Menanggapi permintaan bantuan dari negara anggota
4.       Ecosoc (economic and social council)
Badan dunia yang menangani masalah ekonomi dan sosial. Pertama kali melakukan pertemuan 23 januaei 1946 di Londong, Inggris.
Tugas:
·         Mengkoordinasi kegiatan ekonomi dan sosial PBB
·         Menampung isu-isu tentang hak asasi manusia (HAM)
·         Memfasilitasi kerjasama budaya dan pendidikan internasional
Badan-badan khusus yang membantu menjalankan tugasnya:
·         WHO (World health organization)
Berdiri pada 7 april 1948 bertindak sebagai koordinasi kesehatan internasional yang bermarkas di Geneva, Swiss.
·         ILO (international labour organization)
Berdiri pada 11 april 1919 di bentuk LBB melalui Traktat Versailes (Treaty of Versailes)
Tujuan:
-          Mewujudkan perdamaian dan terciptanya keadilan sosial
-          Meningkatkan kesejahteraan buruh
-          Memperjuangkan standar hidup layak
-          Menciptakan kestabilan ekonomi dan sosial.
·         FAO (Food Agricultural organization)
Badan khusus yang menangani masalah ketersediaan pangan dan pertanian dunia, berdiri pada 26 oktober 1945. Tujuannya meningkatkan dan memajukan kualitas bahan makanan, mengurangi kelaparan, dan mempromosikan kegiatan pembangunan di pedesaan.
·         UNESCO (united nations education scientific and cultural organization)
Badan dunia yang khusus menangani masalah pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya. Bertugas untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dlam rangka penegakan hukum, penegakan HAM, dan penegakan keadilan.
5.       UNIDO (united nations industial development organization)
Badan dunia yang menangani masalah pembangunan industru di negara-negara berkembang yang akan  memberi bantuan tekhnis, program latihan, penelitian, dan menyediakan informasi. Berdiri pada tanggal 24 juli 1967
6.       OPEC (organization of the petroleum exporting countries)
Badan usaha yang beranggotakan negara-negara pengekspor minyak. Berdiri pada 14 september 1960 di Baghdad, Irak. Pada 1 september 1965 kantor sekreteriat di pindah ke Vienna, Austria.
Tujuan OPEC:
·         Mengatur produksi dan pemasaran minyak untuk menghindari dari persaingan tidak sehat
·         Memelihara kestabilan harga minyak mentah dunia
·         Menginfestasikan produksi minyak mentah dunia dalam upaya memenuhi kebutuhan dunia.
7.       WTO (world trade organization)
Di bentuk pada 1 januari 1995 di Ganeva, Swiss. Dibentuk untuk menggantikan GAAT (General agreement on tariff and trade). Tujuan WTO dibentuk untuk mengurusi masalah perdagangan antarnegara
Tugas WTO:
·         Memantau penyelanggaraan perdagangan antarnegara
·         Mengevolusi kebijakan perdagangan nasional negara anggota
·         Menjadi forum negosiasi perdagangan dan menangani perselisihan perdagangan antarnegara
·         Memberikan bantuan teknik dan pelatihan bagi negara-negara berkembang
8.       OECD (Organization for economic coorperation and development)
Berdiri pada tahun 1961. Bergerak di bidang kerjasama ekonomi dan pembangunan yang bertujuan membentuk kerjasama ekonomi antarnegara anggota.
9.       UNDP (united nations development programme)
Berdiri pada November 1945. Badan dunia dibawah PBB yang tugasnya memberikan sumbangan untuk membiayai program pembangunan negara-negara berkembang.

0 komentar

Post a Comment