Saturday, 20 July 2013

KARAKTERISTIK SAMUDERA ANTARTIKA


          Samudera Antartika atau lautan selatan adalah massa air laut yang mengelilingi Benua Antartika. Samudera ini merupakan samudera terbesar keempat dan telah disepakati untuk disebut sebagai samudera oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada tahun 2000. Luas: 20.327.000 km2.
*catatan : termasuk Laut Amunsen, Laut Bellingshausen sebagian dari Drake Passage, Laut Ross, sebagian kecil dari Laut Scotia, Laut Wedell, dan massa air Laut Tributer lainnya. Garis pantai : 17.968 km
Temperatur laut bervariasi antara 100 dan 20. Badai siklon berjalan dari arah timur mengelilingi benua dan sering sekali merupakan badai kuat karena adanya perbedaan temperatur yang nyata antara dataran es dengan laut terbuka. Wilayah  samudera dari lintang 40 LS sampai ke lingkar Antartika merupakan wilayah dengan kecepatan angin rata-rata paling kuat di bandingkan tempat maupun dipermukaan bumi. Pada musim dingin, samudera membeku hingga mencapai 650 LS di sektor Pasifik dan sampai 550 LS di sektor Atlantik, temperatur permukaan turun hingga di bawah 0 0C. pada beberapa titik di pantai benua, masih di temukan daerah bebases, hal ini di sebabkan adanya angin yang kuat terus menerus berhembus dari dalam benua ke arah samudera.


0 komentar

Post a Comment