Friday, 5 July 2013

Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global




a.    Sikap positif
Menunjukkan bentuk penerimaan masyarakat terhadap arus modernitas dan gobalisasi. Sikap positif mengandung unsur-unsur
1.    Penerimaan secara terbuka
Sifat terbuka membuat kita lebih dinamis, tidak terbelenggu hal lama yang bersifat kolot, dan akan lebih mudah menerima perubahan dan kemajuan zaman.
2.    Mengembangkan sikap antisipatif dan selektif
Kita harus memiliki kepekaan dalam menilai hal yang akan atau sedang terjadi berkaitan dengan pengaruh modernitas dan globalisasi. Sikap antisipatif menunjukkan pengaruh yang timbul akibat adanya arus globalisasi dan modernisasi. Kita harus selektif, pengaruh mana yang baik dan pengaruh yang tidak baik.
3.    Adaptif
Mampu menyesuaikan diri terhadap hasil perkembangan modernisasi dan globalisasi
4.    Tidak meninggalkan unsur budaya asli
Semaju apapun dampak globalisasi yang kita lalui, jika tidak boleh meninggalkan unsur-unsur budaya asli sebagai sebagai identitas diri.

b.    Sikap negatif
Menunjukkan bentuk penolakkan masyarakat terhadap arus modernisasi dan globalisasi. Mengandung usnur-unsur:
1.    Tertutup dan was-was (apatis)
Sikap ini umumnya dilakukan oleh masyarakat yang telah merasa nyaman dengan kondisi kehidupan masyarakat yang ada, sehingga mereka was-was, curiga, dan menutup diri dari kemajuan zaman. Sikap ini tentu kurang baik, karena akan menjauhkan diri dari kemajuan zaman. Kondisi ini akan menyebabkan masyarakat negara lain yang terus tumbuh seiring perkembangan zaman.
2.    Acuh tak acuh
Sikap ini pada umumnya ditunjukkan oleh masyarakat awam yang kurang memahami arti strategis modernisasi dan globalisasi. Masyarakat awam biasanya tidak terlalu repot mengurusi dampak yang akan di timbulkan. Mereka pada umumnya mempercayakan sepenuhnya pada kebijakan pemerintah. Sikap cenderung pasif dan tidak memiliki inisiatif.
3.    Kurang selektif dalam menyikapi modernisasi
Sikap ini di tunjukkan dengan menerima setiap bentuk hal baru tanpa selektif. Kondisi ini akan menempatkan segala bentuk kemajuan zaman sebagai hal baik, padahal tidak semua bentuk kemajuan zaman sesuai dengan budaya masyarakat kita. Jika kurang selektif, maka sedikit demi sedikit unsur budaya asli kita akan terkikis. Akibatnya, masyarakat tersebut akan kehilangan jatu diri mereka dan ikut arus modernisasi yang kurang terkontrol.



Disusun oleh:
1.    Riaz Belaputra
2.    Yonky Rizki Munandar

0 komentar

Post a Comment