Saturday, 19 October 2013

Jadikan Limbahmu Lebih Berarti



      Apa jadinya kalau sampah yang gak berguna sama sekali kita jadikan barang-barang yang bernilai seni atau bahkan bernilai ekonomis. Nggak sulit kok, gak perlu banyak biaya pula. Yang di perlukan hanyalah beberapa jenis sampah dan kreatifitasmu. Semua jenis sampah bisa lho dijadikan barang yang berguna. Mau tau? Cekibrot…
1.     Sampah Botol-Botolan


16052010540.jpg

Sampah jenis ini sangat mudah untuk di olah menjadi wadah-wadah, seperti wadah untuk meletakkan pensil, pena, penggaris, dan lain sebagainya di atas meja kita. Untuk mengolah sampah botol-botolan ini kita mungkin hanya memerlukan pernak-pernik sesuai selera, lem, cutter atau gunting, cat warna, dan yang terpenting botol itu sendiri sebagai bahan dasar. Kamu bisa berkreasi sesukamu dengan sampah botol itu, membuat wadah yang cantik dan unik. Gak perlu deh kamu repot-repot beli ke minimarket, supermarket, atau superduper market. Selain untuk mengasah kreatifitas, langkah daur ulang ini juga bisa menjaga lingkungan lho. So tunggu apa lagi, kumpulkan segala botol-botol yang tak terpakai di rumahmu dan selamat berkreasi.


2.    Bagaimana dengan limbah kertas
Jangan habis akal, limbah kertas yang kamu miliki bisa menjadi benda yang bernilai seni lho. Kamu bisa mengumpulkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian kamu rendam dengan air, kamudian blander hingga halus. Nah hasil blanderan tersebut bisa kamu cetak menjadi benda-benda berbentuk menarik sesuai dengan keinginanmu. Untuk menambah keindahannya jangan lupa diwarnai ya.


picture-04751-300x243.jpg



3.    Limbah Plastik?


bagE.JPG

Nah untuk limbah plastik ini, kamu bisa mengumpulkan limbah plastic yang ada di rumahmu, jangan lupa dicuci ya. Kemudian kamu bisa membuat limbah plastic itu menjadi tas mini, dengan digunakannya alat bantu jahit agar lebih kuat. Dan kamu bisa lebih berkreasi dengan limbah plastic tersebut.


4.    Limbah Kaca?
Untuk limbah kaca, memang sedikit sulit dan rumit untuk dikerjakan. Biasanya membutuhkan alat khusus untuk memotong dan menghaluskannya, perejaan ini pun biasanya di lakoni oleh orang-orang yang sudah pofesional. Namun, dari limbah kaca ini biasanya menghasilkan karya yang bernilai seni dan ekonomis yang tinggi.
lampu balok.jpg

Banyak sebenarnya jenis-jenis limbah, dan semua jenis limbah tersebut dapat kita sulap menjadi benda-benda yang bernilai seni dan ekonomis. Selain untuk mengasah dan melatih kreatifitas kita, dengan melakukan hal ini kita juga telah membantu menyelamatkan dunia. Selamat Berkarya…

Tanjungpandan, 19 Oktober 2013

Ini adalah naskah saya untuk lomba ini http://lomenulis.com/post/62784084100/lomba-menulis-dalam-bentuk-apa-pun-dl-31-okt-2013 ikutan yuk :)

0 komentar

Post a Comment