Saturday, 23 March 2013

Rangkuman TIK kelas 7 SMT 1 dan 2

A.Komponen-komponen Komputer
       Perangkat komputer terdiri atas tiga komponen dasar yaitu perangkat keras (Hardware),perangkat    
      lunak (Software)dan Brainware.
1.      Perangkat keras (Hardware)
   Hardware yaitu perangkat keras yantg terdapat pada sistem komputer. Perangkat keras komputer yang dangan mudah dapat dilihat seperti Keyboard, Mouse, CPU, Monitor, Printer, dan Speaker.
2.      Perangkat lunak (Software)
   Perangkat lunak (Software) adalah suatu program yang berisi instruksi-intruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh perangkat keras computer. Software dibagi menjadi dua yaitu.
a.      Software Sistem Operasi
          Software system operasi digunakan untuk interpreter, configurasi hardware dan
        Manajemen file.
1)      Interpreter yaitu software sistem operasi dibunakan untuk menterjemahkan perintah software aplikasi sehingga dimengerti oleh hardware.
2)      Configurasi yaitu system operasi digunakan untukmengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal).
3)      Manajemen file yaitu sistem operasi dibunakan untuk mengelola file baik yang berupa data maupun program.
b.      Software apelikasi atau paket program
    Software apelikasi digunakan untuk mengelola data elektronik, software apelikasi antara lain.
1)      Word processing, software ini digunakan untuk pengolahan kata.
2)      Spread sheet, software ini digunakan untuk pengolahan angka.
3)      Auto card, software ini untuk pengolahan menggambar tehnik.
4)      Acces, software ini untuk pengolahan data base.
5)      Citra photo, dan sebagainya.
3.      Brainware
   Brainware merupakan perangkat komputer atau teknologi informasi yang sangat penting. Sebab tanpa brainware tehnologi informasi tidak akan berkembang. Brainware sangat penting karena computer tidak akan berfungsi  jika tidak ada yang memikirkan cara kerja komputer.
B. Fungsi Perangkat Keras Komputer
        Pada bagian ini hanya akan dibahas beberapa fungsi perangkat keras komputer adalah sebagai    
     Berikut :
  
1.      Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu bagian dari peralatan masukan (input device) yang berfungsi untuk memasukan data atau memberikan perintah kepada komputer. Tombol-tombol pada keyboard dapat dibedakan menjadi 6 bagian yaitu tombol fungsi, qwerty, edit, control kursor, dan tombol numeric.
2.      Mouse
     Mouse adalah bagian dari perangkat keras dari sebuah komputer  yang berfungsi sebagai penunjuk pada software berbasis Windows. Mouse juga digunakan untuk menempelkan korsor dangan cepat serta memiliki ikon-ikon atau menu dalam menjalankan perintah.
3.      Central Processing Unit (CPU)
    Tampilan fisik CPU terdapat dua jenis mecam CPU yang berbentuk Minitower dan Dekstop.
a.      CPU
   Control processing unit berfungsi untuk memperoses informasi yang telah dimasukan melalui input dwice. CPU terdiri dari tiga bagian penting yaitu control unit, memory, dan Arithmetic and Logic Unit. Masing-masing mempunyai fungsi sebagai berikut :
1)      Control Unit
    Bagian ini berfungsi mengontrol hardware, melakukan penyimpanan dan mengontrol input, output dan pemilihan bagian-bagian yang berada didalam CPU.
2)      Memory
    Memory merupakanperangkat yang berfungsi sebagai alat penyimpanan internal. Terdapat dua macam memory yaitu RAM dan ROM.
3)      Arithmetic and Logic Unit (ALU)
    ALU berfungsi untuk membawa semua fungsi logika aritmatika dan memperoses data.
b.       Perangkat Penyimpanan
    Perangkat yang terutup oleh casing yang Nampak sebagai kesatuan dari CPU seperti telah disebutkan diatas, didalamnya terdapat perangkat penyimpanan internal maupun eksternal.
Perangkat penyimpanan eksternal terdiri antara lain : Harddisk, CD, Floopy disk, DVD.
  
1)      Hard disk
   Harddisk berfungsi sebagai alat penyimpanan data dan menangani program di komputer. Kapasitas simpan harddisk dinyatakan dalam satuan gigabyte. Pada saat ini kapasitas harddisk yang beredar di pasaran berkisar antara 20 sampai 80 GB.
1 klibyte (1 KB)           = 1024 Byte
1 megabyte (1 MB)    = 1024 KB
1 giabyte (1 GB)          = 1024 MB
2)      CD
   Alat ini berfungsi untuk menyimpan data maupun program. CD mempunyai kapasitas penyimpanan data sampai  700 MB. Perangkat CD ada tiga yaitu CR-ROM, CD-R, CD-RW.
3)      Floopy Disk
   Pada saat ini alat penyimpanan data yang berupa Disk 3.5 ini atau disebut dangan disket masih banyak digunakan. Disket mampu menampung data sampai 1.44 MB.
4)      DVD
  DVD (Digital Versatile Disk) merupakan alat penyimpanan grafik program maupun data yang memiliki kapasitas lebih besar dari pada CD-ROM. Kapasitas DVD mencapat 17 GB.
Sementara untuk CD-ROM sebesar 700 MB. Perangkat DVD ada empat yaitu DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW dan DVD-RAM.
C. Bagian-bagian yang terdapat dalam Rangkaian CPU
    
1.      Power Supply
   Power supply merupakan bagian yang terdapat pada perangkat CPU. Alat ini digunakan untuk pemberian masukan arus listrik ke dalam komputer. Disamping itu juga terdapat kipas yang akan berfungsi sebagai perbandingan agar power supply tidak terlalu panas karena adanya arus listrik yang masuk ke alat tersebut.
2.      Soket Processor
   Alat ini terdapat pada mother board yang akan berguna sebagai tempat untuk memasang atau menempelkan processor. Bentuk sekat processor dari jenis komputer yang satu dangan jenis komputer  yang lain mungkin berbeda.
3.      Slot Memory
   Alat ini terdapat pada mother board yang akan berguna sebagai tempat untuk memasang atau menempelkan memori terutama RAM.
4.      Sound Card
    komputer akan dapat berkerja dangan sempurna untuk menghasilkan suara yang sangat diperlukan pada saat mengoperasikan lagu-lagu yang terdapat pada CD jika dilengkapi dengan sound card. Sound card terdapat dua tipe yaitu ISA dan PCI, sound card ISA mempunyai 16 bit sedangkan PCI mempunyai 8 bit.
5.       VGA Card
    komputer akan dapat menghasilkan gambar yang tajam jika dilengkapi dengan VGA yang memadai.
6.      Controller
   Controller merupakan tempat untuk memasang kabel-kabel penting agar bagian-bagian yang ada pada computer dapat bekerja dengan baik. Pada mother board terdapat 3 controller yaitu satu controller FDD dan dua controller Harddisk.
   Controller FDD mempunyai 32 pin sedangkan controller Harddisk mempunyai 38 pin.
7.      Mother Board
    Mother board merupakan papan sebagai pusat kerja computer. Pada bagian ini terdapat berbagai bagian baik bagian yang besar dan bagian yang kecil, yang dapat dilepas maupun yang tidak dapat dilepas.
8.      Monitor
    Monitor merupakan media keluaran yang berfungsi untuk menampilkan hasil kerja komputer pada layar monitor. Ada beberapa jenis monitor dilihat dari segi kemampuan dalam memberikan tampilan hasil kerja yaitu : monochrome, CGA, EGA, VGA, dan SVGA. Monitor yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah SVGA.

9.      printer
    printer merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil kerja komputer pada kertas. Pada saat ini terdapat tiga jenis printer yang beredar di pasaran yaitu : Dotmetrik, Ink-jet, dan Leser.
    Printer jenis Leser memberikan hasil yang paling baik. Sedangkan Ink-jet memberikan hasil yang lebih halus daripada Dotmetrik. Dotmetrik mempunyai keunggulan terutama sesuai untuk mencetak pada kertas sheet stensil.
10.  Speaker
    Speaker merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara.
                 
A.    Pengolongan Perangkat keras Komputer
    Dari jenis-jenis bagian tersebut jika diperhatikan kemudian digolongkan, maka akan terdapat tiga golongan yaitu peralatan masukan (Input device), peralatan proses (Processing unit), dan peralatan keluaran (Output device).
1.      Peralatan masukan (Input device)
    Peralatan ini berupa peralatan yang digunakan untuk memasukkan perintah ke dalam komputer. Konektor mouse berwarna hijau sedangkan konektor keyboard berwarna ungu.
2.      Peralatan proses (Processing Unit)
    Terlihat dari luar peralatan proses terlihat hanya ada satu yang secara mudah orang menyebut CPU. Peralatan proses mempunyai atau terdiri dari banyak bagian yaitu antara lain casing, Mother board, Processing, RAM, Power supply, Hard disk, VGA, Sound card, dan sebagainya.
a.      Casing
    Bagian peralatan proses yang terlihat dari luar adalah casing atau tutup. Ada dua macam casing yang biasa dipakai yaitu Minitower dan Desktop.
b.      Mother board
    Mother board sering juga disebut mainboard. Alat ini merupakan papan utama dari sebuah komputer pada bagian ini terdapat banyak bagian-bagian seperti konetktor dan slot.
c.       Processor
     Processor merupakan bagian paling penting dalam computer. Alat ini berfungsi sebagai peralatan pusat pemprosesan data.
d.      RAM/DIMM
     Alat ini merupakan alat penyimpanan internal yang dipasang peda soket memory, sekarang banyak dipakai RAM jenis DDR DIMM dengan kapasitas 64 MB, 128 MB, 256 MB, dan 15 GB. Sedangkan SDRAM dengan kapasitas 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, dan 256 MB.
e.      Power supply
     Alat ini merupakan peralatan yang mendukung agar komputer dapat memperoleh arus listrik.
  

f.         
g.      Hard Disk
     Hard disk merupakan alat penyimpanan eksternal yang dipasang pada bagian peralatan proses.
h.      VGA
    vga card merupakan peralatan yang berfungsi untuk menentukan ketajaman gambar yang terlihat pada monitor. Semakin tinggi kapasitas vga maka gambar yang terlihat pada monitor akan semakin baik.
i.        Sound card
    Peralatan ini berhubungan dengan masalah suara. komputer akan dapat dipakai menghasilkan suara jika didalamnya terpasang sound card.
3.      Peralata keluaran (output device)
     Peralatan keluaran (output device) terdiri dari monitor, speaker dan printer.
a.      Menghubungkan monitor ke CPU
     Monitor biasanya mempunyai dua buah lubang untuk kabel, lubang pertama tempat kabel yang akan dihubungkan ke CPU yaitu pada konektor VGA.
b.      Menghubungkan speaker pada CPU
     Speaker biasanya sudah dilengkapi dangan kabel yang bercabang dimana bagian pangkal kabel akan dihubungkan dengan CPU yaitu melalui konektor audio dan game atau konektor sound card.
Keterangan :
Line out   : output audio untuk speaker
Line in      : input audio untuk sound chip
Mic           : konektor microphone
c.       Menghubungkan keyboard dan mouse ke CPU
      Keyboard dan mouse masing-masing mempunyai kabel yang bentuknya sama. Ujung kabel atau konektor keyboard berwarna ungu sedangkan konektor mouse berwarna hijau.
d.      Memasang printer
       Pada printer terdapat dua kabel yaitu kabel pertama untuk menghubungkan printer dengan CPU dan kabel kedua untuk menghubungkan printer dengan stop kontek arus listrik.
A.    Macam-macam perangkat lunak program aplkasi
      Untuk keperluan pengolahan data elektronik diperlukan berbagai perangkat lunak (software) program aplikasi. Perangkat lunak program aplikasi ini telah berkembang dengan cepat sehingga muncul berbagai jenis dari Microsoft office diantaranya Microsoft office 95, Microsoft office 97, Microsoft office 2000, Microsoft office 2003, dan Microsoft office XP.
B.     Kegunaan program aplikasi
      Program-program aplikasi yang telah disebutkan diatas mempunyai keunggulan sebagai berikut :
1.      Microsoft word
    Microsoft atau sering disebut MS wold merupakan program aplikasi berbasis windows yang sangat popular. Pengunaan program aplikasi ini seperti pembuatan surat, pembuatan laporan, pembuatan karya ilmiah, dsb.
a.       Memilih dan menganti jenis huruf (font style)
     Jenis huruf yang tersedia di MS word cukup banyak seperti  Arial, Time New Roman, Lucida Console, Garamond, dsb.
b.      Mengatur ukuran huruf (font size)
     Ukuran hufuf yang disediakan biasanya dari ukuran 8 sampai 72, ukuran huruf dapat dibuat lebih kecil dari 8 misalnya 6 atau lebih besar dari 72 misalnya 769.
c.       Mengatur margin (page, setup, margin)
     Batas ketikan atas, kiri bawah, kanan, dapat diatur dengan mudah yaitu dengan mudah mengunaka pasilitas page setup kemudian tentukan margin yang diinginkan sesuai dengan keperluan.
d.      Mengatur efek cetak huruf (font,effect)
     Microsoft word memberikan kemudahan dalam pengaturan atau pembuatan efek cetak huruf seperti huruf tebal (bold), menulis dengan cetak miring (italic), menulis dengan kata diberi garis (underline), menulis pangkat (super script), menulis dibawah (subscript), menulis dengan dicoret ganda di tengah huruf (double strike throught), member warna huruf (font color), dsb.
e.      Mengatur sepasi ketikan (line spasing)
     Dengan mengunakan ikon, maka penentuan sepasi ketikan 1 atau 1,5 atau bahkan 2 dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat sekali.
f.        Memberikan bingkai dan bayangan belakang tulisan (boder and shanding)
     MS word menyediakan fasilitas untuk pemberian bingkai pada tulisan. Bingkai atau shanding dapat diberikan pada huruf tertentu.
g.       Pembuatan table (table)
     Dalam MS word terdapat fasilitas untuk membuat tabel. Tabel dapat dibuat dengan mudah dengan fasilitas pada menu table.
h.      Penomoran secara otomatis (bullet and numberling)
     MS word menyediakan fasilitas untuk pemberian nomor secara otomatis.
i.         Pengetikan berkolom (column)
    MS word menyediakan fasilitas untuk penulisan berkolom seperti pada kolom Koran.
j.        Penyisipan gambar (insert picture)
    Dengan MS word seseorang dapat menyisipkan gambar dari program aplikasi lain kedalam lembar kerja MS word.
k.       Penyisipan simbol (insert symbol)
    MS word menyediakan symbol-simbol yang banyak sekali baik berupa tesk, angka, maupun gambar.
l.          Member catatan kaki (foot note)
    MS word menyediakan fasilitas untuk pemberian catatan kaki.
m.    Mempercantik tulisan (drop cap)
    Untuk mempercantik tulisan pada suatu paragraph, MS word menyediakan fasilitas ini yaitu melalui drop cap.
n.      Tulisan seni (word art)
    Fasilitas word art terdapat di menu insert, fasilitas ini digunakan untuk membuat tulisan yang mempunyai nilai seni.
o.      Pembuatan garis dan berbagai bentuk garis (autoshape)
    MS word menyediaan fasilitas untuk pembuatan berbagai bentuk garis dan bentuk otomatis seperti garis lurus, garis patah-patah, garis lengkung, bujur sangkar, empat persegi panjang, lingkaran, dsb.
p.      Penomoran halaman (page number)
    MS word menyediakan fasilitas untuk pemberian halaman yang dapat diatus sesuai keperluan seperti pemberian halaman di kanan atas, di bawah tengah, di bawah kanan, dsb.
q.      Melakukan perhitungan atau penjumlahan dangan rumus (formula)
    MS word memberikan fasilitas pembuatan perhitungan yaitu dengan mengunakan fasilitas formula.
r.        Mengurutkan kata (sort)
    MS word memberikan fasilitas untuk mengurutkan nama yaitu dengan mengunakan fasilitas sort ascending untuk mengurutkan dari A ke Z.
s.       Pembuatan mail marge
    Fasilitas ini disediakan untuk menggabungkan dokumen utama dengan sumber data (data source), fasilitas ini banyak digunakan untuk pembuatan surat.
2.      Microsoft excel
     Microsoft excel merupakan program aplikasi pengolah angka. Program aplikasi ini sering digunakan dalambidang keuangan, pendidikan, pengolahan nilai, menentukan peringkat, menentukan kelulusan, dsb.
a.       Menentukan jumlah, rata-rata, nilai terendah, nilai tertinggi, dan cacah data.
     Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan mengunakan fasilitas yang disebut “fungsi”.
Fungsi yang dimaksud adalah:
= Sum (range), untuk menentukan jumlah
= Average (range), untuk menentukan rata-rata
= Min (range), untuk menentukan nilai terkecil
= Max (range), untuk menentukan nilai terbesar
= Count (range), untuk mencari atau menentukan cacah data
b.      Menentukan hasil kali, hasil pembagian, hasil penambahan dan hasil pengurangan.
     Hasil kali, hasil pembagian, hasil penambahan dan hasil pengurangan dapat ditentukan dengan mengunakan simbol operasi.
                              *, untuk mengalikan
                               /, untuk membagi
                               +, untuk menambah
                                -, untuk mengurangan
                  
c.       Menentukan suatu alternatif
    Untuk menentukan hasil yang diinginkan dari sautu alternatif dengan syarat tertentu dalam bekerja dengan program aplikasi Microsoft excel biasa digunakan fungsi logika. Fungsi logika di tulis dengan formula = IF (kondisi test, alteratif 1, alternatif 2)
d.      Pembacaan tabel
    Pembacaan tabel banyak digunakan dalam suatu kantor yang mempunyai banyak karyawan dengan golongan yang berbeda-beda. Pembacaan tabel dalam Microsoft excel menggunakan fungsi :
= Vlookup (sel kunci, range yang dibaca, ofset kolom, false)
= Hlookup (sel kunci, range yang dibaca, ofset baris, false)
e.      Pembuatan grafik (chart)
    Program aplikasi Microsoft excel menyediakan fasilitas untuk pembuatan grafik secara mudah, cepat dan akurat dengan menggunakan fasilitas insert chart.
f.        Menyaring data (filter)
    Fasilitas filter digunakan untuk menyaring data. Sebagai contoh dari 2000 anggota koperasi ingin diketahui jumlah simpanan wajib besarnya lebih dari Rp 900.000,00. Dari 60.000 peserta ujian menyari pegawai ingin diketahui peserta yang nilai testnya masuk dalam 10 besar, dsb.  
   
g.       Mengurutkan data (sort)
    Fasilitas sort digunakan untuk mengurutkan data. Data dapat diurutkan dari kecil kebesar dengan mengunakan sort ascending.   
            
3.       Microsoft power point
    Program aplikasi Microsoft power point digunakan untuk pembuatan slide. Power point banyak digunakan oleh para presenter dalam menyajikan suatu materi.
4.       Microsoft acces
   Program aplikasi ini digunakan untuk mengolah suatu data. Pekerjaan dapat ditangani dengan program Microsoft acces meliputi pembuatan tabel, form, query, raport, module, dan macros.
5.       Corel
   Program aplikasi corel berguna untuk membuat desain grafis dan editing bitmat yang dilengkapi dengan fuul color, manajemen system dan interaktif tools. Corel draw telah mengalami perkembangan sehingga terdapat beberapa versi. Sampai saat ini sudah ada corel drawversi 9, 10, 11, 12, dan seterusnya.
6.       Adobe page marker
    Program aplikasi ini banyak dipakai pada perusahaan percatakan, pembuata buku-buku sangat cocok dikerjakan dengan aplikasi ini.
7.       Word star
   Program aplikasi word star merupakan aplikasi yang berguna untuk mengolah kata. Word star mempunyai fungsi yang sama dengan Microsoft word.
8.       Lotus
   Lotus dibuat sebelum Microsoft excel. Fungsi lotus sama dengan Microsoft excel. Program aplikasi Microsoft excel lebih canggih dari pada lotus.
9.       Auto card
    Auto card merupakan program aplikasi yang berguna untk menggambar teknis. Para perancang bangunan dan mesin sekarang banyak yang menggunakan program aplikasi auto card.
10.   Spss
    Spss merupakan program yang digunakan untuk pengolahan data statistik. Program ini banyak digunakan oleh para peneliti terutama yang mengadakan penelitian kuantitatif.
c.       Shortcut program aplikasi
      Shortcut merupakan gambar atau symbol dari suatu program yang berguna untuk mempercepat dalam menjalankan program aplikasi  tersebut.
      Shortcut  biasanya ditampilkan pada desktop , sehingga untuk menjalankan program tersebut tinggal mengklik ganda (double klik) shortcutnya.

0 komentar

Post a Comment